web analytics
  

Bandara Husein Sepi, Pemkot Bandung Akan Temui Kemenhub

Selasa, 10 Desember 2019 06:44 WIB
Bandung Raya - Bandung, Bandara Husein Sepi, Pemkot Bandung Akan Temui Kemenhub, Bandara Husein, Pemkot Bandung, Kemenhub

Sebuah pesawat komersil saat lepas landas di Bandara Udara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Senin (28/10/2019). Menurut Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat Herman Muchtar mengatakan, Kota Bandung berpotensi kehilangan dua ribu wisatawan apabila Bandara Husein Sastranegara ditutup sebagai bandara komersial. (Irfan Al-Faritsi/Ayobandung.com)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kota Bandung bersama DPRD akan menemui Kementerian Perhubungan untuk membahas kondisi Bandara Husein Sastranegara yang sepi akibat perubahan sebagian rute penerbangan ke Bandara Kertajati, Majalengka. Dampak dari kebijakan tersebut terjadi penurunan kunjungan wisatawan.

"Nanti dari Pemkot Bandung dan dewan akan bertemu dengan menhub atau minimal dirjen, akan dibicarakan bagaimana kita menilai dari versi kita (kondisi bandara)," ujar Sekda Kota Bandung, Ema Sumarna, Selasa (10/12).

AYO BACA : Ini Ancaman Ari Askhara kepada Pramugara-Pramugari Garuda Indonesia

Menurutnya, Kota Bandung sebagai Kota Wisata bertumpu pada pendapatan dari sektor wisata. Namun, akibat kebijakan perubahan rute penerbangan berdampak kepada perekonomian pelaku usaha wisata.

"Ada penurunan jumlah wisatawan orang," katanya. Ia mengatakan, wisatawan menginginkan kemudahan akses transportasi. Sehingga ketika mereka merasakan hambatan maka lebih memilih menggunakan alat transportasi di tempat lain.

AYO BACA : Cuaca Kota Bandung 10 Desember, Hujan Lokal di Siang Hari

"Walaupun kebijakan bukan di kita, saya punya keyakinan level pemerintahan akan ada win win solution. Kalau dibiarkan begini, kita tidak mudah mencari alternatif disaat sarana transportasi kendala tapi wisatawan harus didatangkan," katanya.

Kunjungan turis ke Kota Bandung melalui Bandara Husein Sastranegara sepanjang satu tahun terakhir mengalami penurunan mencapai 150 ribu pengunjung. Kondisi tersebut berlangsung pascarencana dan dilakukannya pengalihan 13 rute penerbangan dari Bandara Husein ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

Setahun kemarin berkurang 150 ribu (pengunjung) lewat Bandara Husein Sastranegara. Pada 2018, 7,5 juta pengunjung ke Kota Bandung dari berbagai akses (publik)," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, Kenny Dewi Kaniasari, Senin (28/10).

Menurutnya, turis yang hilang tersebut merupakan wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara. Mereka katanya lebih memilih destinasi objek wisata di tempat lain seperti di Daerah Istimewa Yogyakarta atau Bali.

AYO BACA : Skandal Penyelundupan Harley, 4 Direksi Garuda Indonesia Dicopot

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Andres Fatubun

artikel terkait

dewanpers