web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Menengok Dekorasi Artistik Agrowisata Edukatif Saung Manglid Purwakarta

Jumat, 13 Desember 2019 09:33 WIB Redaksi AyoBandung.Com

(Instagram.com/@saung_manglid)

PURWAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Apa yang kita pikirkan ketika mendengar kata “saung”? Biasanya langsung akan menghubungkan dengan daerah perdesaan yang tradisional, nuansa bambu, dan tempat yang kecil.

Tapi akan berbeda ketika sudah berkunjung ke Saung Manglid Purwakarta. Saung Manglid adalah sebuah resto & cafe yang terletak di Desa Pusakamulya, Kecamatan Kiarapedes. Dengan mengusung konsep agrowisata, tempat ini menawarakan wisata edukasi untuk keluarga. Buka setiap hari, termasuk hari libur nasional dari pukul delapan pagi hingga pukul enam sore.

saung-2

(mynikitadream.blogspot.com)

Manglid sendiri diambil dari nama sejenis kayu dan digunakan sebagai nama tempat karena bangunannya didominasi oleh kayu tersebut. Sebagai salah satu daya tarik, tempat wisata itu sangat menonjolkan seni artistik dari kayu dan bambu. Sangat cocok untuk orang-orang yang menyukai selfie dan welfie

Tempat ini pada awalnya merupakan lahan pertanian seluas tiga hektare. Sebagai penghasil benih, tempat ini sering dikunjungi tamu dari luar kota. Akhirnya, demi memfasilitasi mereka, disediakanlah tempat untuk menginap. Dan saat ini, Saung Manglid telah menjelma menjadi lokasi agrowisata yang edukatif andalan di Kampung Parakanceuri.

Di Saung Manglid, pengunjung bisa berswafoto dengan latar belakang persawahan dan perkebunan serta beragam dekorasi artistik yang terbuat dari kayu dan bambu. Salah satu dekorasi artistik sekaligus taman andalan di Saung Manglid ialah Taman Carangka.

saung-3

(Instagram.com/@saung_manglid)

Secara etimologi bahasa Sunda, carangka diartikan sebagai keranjang yang terbuat dari anyaman bambu. Saung Manglid menghadirkan carangka dalam bentuk berbeda. Dengan penataan dan perpaduan yang khas antara bunga, bambu, dan carangka, menjadikan Saung Manglid sebagai destinasi menarik.

Pengunjung pun tidak perlu khawatir soal kuliner, karena kafe dan restoran di sini menyediakan menu dan jajanan tradisional. Tempat makan yang disediakan di sini pun mengusung beragam tema, mulai tema romantis sampai dengan lesehan tersedia. 

Saung Manglid juga menyediakan tempat meeting berkapasitas 30 orang. Suasana yang artistik di tempat terbuka memang sangat mendukung untuk jamuan dan pertemuan.

Editor: Redaksi AyoBandung.Com

artikel lainnya

dewanpers