web analytics
  

Serapan Anggaran 2019 Distarkim Purwakarta Baru 53%

Minggu, 8 Desember 2019 12:07 WIB Dede Nurhasanudin

ilustrasi (bappeda.jatimprov.go.id)

PURWAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Penyerapan anggaran kegiatan Dinas Tata Ruang dan Permukiman (Distarkim) Kabupaten Purwakarta tahun 2019 baru mencapai 53% dari total target penyerapan sebesar Rp89,8 miliar.

Kepala Distarkim Kabupaten Purwakarta Agung Wahyudi mengatakan, persentase penyerapan 53% setara dengan nilai Rp48 miliar. Artinya masih tersisa anggaran yang belum terserap kurang lebih sebesar Rp41,8 miliar.

Kegiatan Distarkim Purwakarta selama tahun anggaran 2019 meliputi urusan pekerjaan umum, keciptakaryaan, penataan ruang, pertanahan, perumahan serta kawasan permukiman, kata Agung, Minggu (8/12/2019).

AYO BACA : [Lipkhas] Antisipasi Penurunan Tanah, Purwakarta Perbanyak Tanam Pohon

Agung menyatakan, dari total anggaran Rp89,8 miliar diperkirakan Distarkim menyerap sekitar 4% postur APBD Perubahan 2019 Kabupaten Purwakarta yang sebelumnya telah disahkan sebesar Rp2,2 triliun.

Sekarang baru terserap Rp48 miliar atau sekitar 2,12% dari APBD, ujar dia.

Dia mengungkapkan bahwa pekerjaan dinasnya pada tahun 2019 ini melanjutkan pekerjaan pada tahun sebelumnya, seperti pemeliharaan kegiatan 2018 dengan total sebesar Rp311 juta untuk pembangunan Rumah Dinas A Yani, emplasmen, dan jalan masuk gedung kantor.

AYO BACA : Polres Purwakarta Sita 615 Botol Miras dalam Semalam

Pembangunan kantor dan rumah dinas jabatan Desa Dangdeur, kata Agung.

Kemudian, lanjutan pekerjaan penataan gapura kota, pemeliharaan kegiatan penyempurnaan Kantor Kelurahan Nageri Kaler, pemeliharaan kegiatan rehabilitasi rumah dinas jabatan di Jalan Siliwangi, pemeliharaan kegiatan lanjutan pembangunan Masjid Raya Bungursari, pemeliharaan kegiatan bangunan pendopo dan bangunan Kantor Situ Wanayasa, serta pemeliharaan kegiatan alun-alun Sukasari.

Kami juga memiliki biaya pemeliharaan kegiatan 2019 yang pemeliharannya akan dilaksanakan tahun 2020 sebesar Rp48 juta. Untuk kegiatan pemagaran dan emplasmen Kantor Kecamatan Kiarapedes, pemagaran dan emplasmen Kantor Bungursari, rehabilitasi masjid Baing Yusuf, dan penyempurnaan gapura kota, ungkapnya lagi.

Untuk tahun ini, Agung memastikan tidak akan ada sisa tender kegiatan 2019 yang akan ditenderkan tahun 2020. Tidak ada, semuanya rampung tahun ini, ujar dia.

AYO BACA : Sebuah Pikap Terjun ke Jurang 20 Meter di Purwakarta

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

artikel lainnya

dewanpers