web analytics
  
Banner Kemerdekaan

BNPB: Banjir Bandang Kertasari, Petugas Masih Siaga di Lapangan

Sabtu, 7 Desember 2019 19:52 WIB Dhika Alam Noor

Tangkapan layar rekaman video banjir bandang yang menerjang Desa Cibereum, Kecamatan Kertasari

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyampaikan, banjir bandang di Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada Jumat (6/12/2019) petang. Kini air sudah surut. 

"Saat ini, proses pembersihan rumah oleh warga dan aparat terkait," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo, Sabtu (7/12/2019).

Agus menerangkan, informasi tersebut disampaikan pukul 16.00 WIB. Terlihat cuaca saat ini mendung dan gerimis. Tim cepat tanggap BPBD Kabupaten Bandung sudah berada di lokasi melakukan evakuasi. 

"Hngga sore ini tidak ada pengungsi, adapun terkait kerusakan data dari laporan kepala desa sudah diterima BPBD namun belum direkap," jelasnya. 

Sebelumnya, video berdurasi 38 detik dalam grup WhatsApp memperlihatkan dahsyatnya air bah yang turun dari atas pegunungan dan menggenangi jalan. 

Terlihat truk berwarna kuning berjalan hati-hati dan diikuti sepeda motor berwarna merah yang akhirnya menepi karena khawatir terseret air.

Tak berselang lama, tiba-tiba sepeda motor berwarna putih tanpa pengemudi terseret air berwarna kecoklatan yang diakibatkan lumpur.

Editor: Adi Ginanjar Maulana
dewanpers