web analytics
  

Kenali Gejala Cacar Monyet, Penyakit Langka yang Ditularkan Hewan

Jumat, 6 Desember 2019 13:37 WIB
Gaya Hidup - Sehat, Kenali Gejala Cacar Monyet, Penyakit Langka yang Ditularkan Hewan, Gejala, Cacar, cacar Monyet, Penyakit, Langka, Hewan,

Ilustrasi cacar pada kulit. (Istimewa)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Penyakit Monkeypox atau cacar monyet kembali ramai diperbincangkan, khususnya setelah seorang warga Inggris didiagnosis terinveksi virus tersebut yang terbilang sangat langka.

Dilansir dari Metro, Monkeypox merupakan penyakit yang bersifat zoonosis atau ditularkan dari hewan ke manusia. Meskipun Monkeypox jarang terjadi, saat seseorang tertular, biasanya kondisinya cukup ringan.

Virus monkeypox merupakan anggota genus Orthopoxvirus dalam keluarga Poxviridae. Walau penyakit ini bukan turunan dari penyakit cacar, namun Monkeypox memiliki gejala yang sama dengan cacar.

Seperti namanya, Monkeypox sering dialami oleh monyet dan tikus. Wabah Monkeypox terbesar pernah terjadi di Amerika Serikat pada 2003 akibat dari tikus raksasa Gambia.

AYO BACA : Apa Beda Cacar Monyet dengan Cacar Air? --------- Artikel ini sudah Terbit di AyoBandung.com, dengan Judul Apa Beda Cacar Monyet dengan Cacar Air?, pada URL https://www.ayobandung.com/read/2019/05/15/52387/apa-beda-cacar-monyet-dengan-cacar-air Penulis:

Penyakit ini kala itu menyebar karena bersentuhan dengan benda-benda seperti pakaian, tempat tidur, atau handuk yang digunakan oleh orang yang terinfeksi, menyentuh cacar atau bintik-bintik dari orang yang terinfeksi atau saat orang yang terinfeksi batuk atau bersin di dekat Anda.

Gejala Monkeypox

Menurut WHO, tahap awal Monkeypox dapat ditandai dengan demam tinggi, sakit kepala hebat, pembengkakan kelenjar getah bening, dan otot yang pegal. Mereka yang terinfeksi juga cenderung kekurangan energi dalam lima hari pertama setelah tertular penyakit.

Ruam dan bintik-bintik biasanya mulai muncul antara 1-5 hari setelah gejala pertama muncul, yang dimulai pada wajah sebelum menyebar ke bagian lain dari tubuh. Kemudian ruam tersebut kemungkinan akan menjadi lesi dengan basis datar, lepuh atau pustula, diikuti oleh kerak, dalam waktu sekitar 10 hari.

AYO BACA : Pakar IPB: Cacar Monyet Bisa Tertular Melalui Cakaran dan Gigitan --------- Artikel ini sudah Terbit di AyoBandung.com, dengan Judul Pakar IPB: Cacar Monyet Bisa Tertular Melalui Cakaran dan Gigitan, pada URL https://www.ayobandung.com/read/2019/05/17/52

Gejala-gejalanya dapat diketahui 2-3 minggu karena virus ini adalah penyakit yang sembuh sendiri, yang berarti dia dibatasi durasi.

Dalam kebanyakan kasus, Monkeypox adalah kondisi yang ringan dan kebanyakan orang pulih dalam beberapa minggu, tetapi beberapa orang memang mengembangkan gejala yang lebih serius, sehingga pasien dengan Monkeypox perlu dirawat di rumah sakit spesialis.

Kapan Anda harus ke dokter?

Para ahli mengatakan, tidak ada alasan untuk terlalu khawatir tentang penampilan virus Monkeypox. Penyakit ini adalah kondisi ringan yang harusnya akan menghilang dengan sendirinya dan tidak mungkin menyebar, bahkan virus ini sebenarnya kurang menular daripada cacar air.

Dokter menyarankan Anda untuk memeriksakan diri jika Anda demam, ruam, atau mulai merasa sakit dalam waktu tiga minggu setelah terkena Monkeypox.

AYO BACA : Kemenkes: Monkeypox atau Cacar Monyet Tidak Ada di Indonesia --------- Artikel ini sudah Terbit di AyoBandung.com, dengan Judul Kemenkes: Monkeypox atau Cacar Monyet Tidak Ada di Indonesia, pada URL https://www.ayobandung.com/read/2019/05/17/52670/kemenk

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers