web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Polres Majalengka Sebar CCTV di Titik Rawan Pelanggaran Lalin

Jumat, 6 Desember 2019 10:23 WIB Erika Lia

Petugas memperhatikan rekaman CCTV di titik-titik rawan pelanggaran lalu lintas di Kabupaten Majalengka, Jumat (6/12/2019). (Ayocirebon.com/Ist)

MAJALENGKA, AYOBANDUNG.COM -- Sejumlah kawasan yang selama ini rawan pelanggaran lalu lintas di Kabupaten Majalengka mulai direkam kamera pengintai atau CCTV. Melalui pemasangan jaringan internet, CCTV itu memungkinkan merekam semua kendaraan yang melakukan pelanggaran di jalan raya.

"Sejauh ini, TMC Dinas Perhubungan (Dishub) baru melakukan uji coba di Jalan KH. Abdul Halim, tepatnya di simpang empat lampu merah Abok," kata Kasat Lantas Polres Majalengka, AKP Endang Sujana, Jumat (6/12/2019).

Selain di simpang empat Abok, sementara ini jaringan internet untuk CCTV dipasang pula di sekitar Alun-alun Majalengka. Rencananya, jaringan internet untuk CCTV dipasang di sedikitnya sembilan titik rawan pelanggaran lalu lintas se-Kabupaten Majalengka.

Endang menjelaskan, uji coba pemasangan jaringan internet untuk CCTV di perempatan Abok Majalengka berfungsi untuk perekaman, penyimpanan file, screenshot, dan kamera rotasi 360 derajat.

"Di perempatan lampu merah Abok, kami pasang dua kamera yang statis dan yang rotasi," ungkapnya, didampingi Kanit Dikyasa Lantas, Aiptu Sugeng.

Perekaman itu memudahkan petugas melakukan pencocokan data pelanggar. Sejauh ini, pihaknya masih melakukan uji coba teknis. "Selanjutnya kami akan sosialisasikan kepada masyarakat," kata dia.

Pemasangan CCTV di jalan raya di wilayah Kabupaten Majalengka merupakan kerja sama Satlantas Polres Majalengka bersama Dishub setempat. Hal itu dilakukan mengingat adanya kebutuhan dari kedua belah pihak, salah satunya membuat pengendara kendaraan semakin tertib berlalu lintas. 

"Masing-masing punya tujuan. Bagi kami, keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran sehingga dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas lantas di Kabupaten Majalengka," tegasnya.

Editor: Fira Nursyabani

artikel lainnya

dewanpers