web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Bukan dari Lampung, Ini Keripik Pisang Cokelat ala Kelurahan Kebon Gedang

Kamis, 5 Desember 2019 18:31 WIB Netizen Netizen

Keripik Pisang Cokelat ala Kelurahan Kebon Gedang. (Fathia Uqimul Haq)

AYOBANDUNG.COM -- Tak perlu lagi ke Lampung buat menikmati camilan pisang cokelat yang menggugah rasa. Nyatanya, keripik pisang cokelat sudah ada di Kota Bandung tepatnya di Keluarahan Kebon Gedang, Kecamatan Batununggal.

Keripik pisang cokelat ini dibuat oleh Enok Runtasih (47) sedari 2006. Kini, usahanya tersebut telah menjadi produk unggulan Kelurahan Kebon Gedang. Keripik pisang tersebut diberi nama Keripik Pisang Mawarbodas.

"Keripik pisang ini dibuat dari pisang kapas, walaupun harga bahannya mahal tapi dari segi rasa pisang kapas sendiri memang paling unggul dibanding pisang lain kalau di bikin keripik pisang," ujar Enok, Kamis (5/12/2019).

Keripik pisang Mawarbodas memiliki tiga varian rasa. Ada rasa cokelat, manis, dan original. Rasa cokelat dan original menjadi varian paling diburu oleh konsumen. Produknya ini disebar di berbagai toko oleh-oleh di Kota Bandung dan sekitarnya.

AYO BACA : Kuliner Bandung: Menikmati Cita Rasa Mi Kocok SKM Legendaris

Selain itu, Enok dikenal sebagai pembuat keripik pisang yang enak. Tak heran, setiap warga Kelurahan Kebon Gedang berkumpul atau berkegiatan, keripik buatan Enok menjadi kudapan.

"Keripik pisang Bu Enok rasanya gurih, murah, renyah. Teksturnya enak karena dari pisang kapas. Kalau keripik pisang lain yang dijual di pasaran jarang yang pake pisang kapas. Bahannya sederhana enggak pakai pengawet tapi rasanya mewah," papar Enok.

Berkembang bersama UPPKS Mawarbodas

Keripik Pisang Mawarbodas masuk menjadi salah satu usaha dalam kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) Mawarbodas. UPPKS merupakan salah satu program Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Barat yang menyasar keluarga khususnya keluarga Pra-Sejahtera dan Keluarga Sejahtera I.

"UPPKS ini merupakan salah satu program BKKBN berupa pemberdayaan ekonomi keluarga dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan keluarga gitu ya dengan melakukan kegiatan ekonomi mikro yang berskala industri rumah tangga," kata Calon Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) BKKBN Jawa Barat, Jennisa Dwistin.

AYO BACA : Kuliner Bandung: Cilok Mochilok, Bikin Ketagihan

Menurut Jennisa, di setiap kelurahan yang dibina oleh BKKBN biasanya memiliki UPPKS. Produk yang dihasilkan adalah produk yang menjadi unggulan di daerahnya.

"Kalau di Kelurahan Kebon Gedang, nama UPPKS nya itu UPPKS Mawar Bodas. Di UPPKS Mawar Bodas itu banyak produk industri rumah tangganya antara lain keripik pisang, cimol, cilok, kue pukis, sumpia, bugis, klepon dan keripik pisang," ujarnya.

Namun, kata Jennisa, produk paling unggul dari UPPKS Mawar Bodas adalah Keripik Pisang Mawar Bodas. Bahkan, penjualan salah satu produknya pun sudah mencapai luar negeri.

Sebagai calon penyuluh, Jennisa pun menngedukasi warga di UPPKS Mawar Bodas untuk mengembangkan penjualan melalui daring. Sejak penyuluhan pemasaran daring dan kemasan produk, keripik pisang ini pun akhirnya bisa dibeli melalui instagram @uppks_mawarbodas. Kemasan yang dulunya hanya berupa plastik biasa kini telah diganti lebih bagus dan menarik.

"Harganya Rp15.000 saja. Bisa langsung ke UPPKS Mawar Bodas di Kebon Gedang atau pesen online lewat Instagram saja," kata dia.

Penulis: Fathia Uqimul Haq merupakan Blogger dan Traveler asal Bandung. Selain itu, pernah menjadi wartawan di salah satu media online Bandung

AYO BACA : Kuliner Bandung: 5 Tempat Makan Eskrim Enak di Bandung

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini

Editor: Redaksi AyoBandung.Com

artikel lainnya

dewanpers