web analytics
  

Polda Jabar Telusuri Dugaan Pencucian Uang Akumobil

Selasa, 3 Desember 2019 16:23 WIB Faqih Rohman Syafei

Ilustrasi (ayobandung.com)

GEDEBAGE, AYOBANDUNG.COM--Penyidik Dit Reskrisus Polda Jabar tengah mengusut kasus dugaan pencucian uang pada penipuan yang dilakukan akumobil.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Trunoyudo mengatakan saat ini penanganan kasus dugaan penipuan akumobil tengah ditangani oleh Dit Reskrisus Polda Jabar. Guna menelusuri aset-aset hasil kejahatan akumobil, pihaknya akan menggandeng instansi terkait.

"Kami akan telusuri, kejahatan oleh tersangka. Kami juga akan menelusuri dengan lembaga keuangan PPTAK," ujarnya, Selasa (3/11/2019).

Dia mengatakan hingga kini, proses penyidikan kasus pun tengah berlangsung, dalam kasus ini para tersangka akan dikenakan pasal tindak pidana pencucian uang (TPPU) atas penipuan yang dilakukannya terhadap ribuan konsumen.

"Saat ini kita tunggu saja, hasil penyelidikannya," tutur Truno.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polrestabes Bandung, AKBP Galih mengatakan laporan model A terkait kasus penipuan yang diduga oleh akumobil telah diserahkan ke Dit Reskrimsus Polda Jabar.

"Diambil alih Polda, karena locusnya bukan hanya di Bandung saja, tapi ada locus di Cirebon dan juga sekitarnya," katanya.

Sebanyak 18 akun rekening bank milik akumobil telah diblokir, oleh penyidik kata Galih akan ditelusuri uang hasil kejahatan digunakan untuk apa saja.

"Dari Polda terkait dengan alat bukti yang lain, karena aliran dana dari 18 akun bank sudah diblokir itu akan dibongkar secara rinci kemana-mana saja uang itu," ucapnya.

Dia menambahkan sampai saat ini, enam orang dari jajaran direktur akumobil telah ditetapkan sebagai tersangka. Sejumlah aset berupa kendaraan roda dua dan empat serta barang-barang mewah telah disita.

Editor: Rizma Riyandi
dewanpers