web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Pelaku UMKM Rasakan Dampak Positif Jatilihur Jazz Festival

Senin, 2 Desember 2019 13:19 WIB Dede Nurhasanudin

Warung sekitaran waduk Jatiluhur. (ayopurwakarta.com/Dede)

PURWAKARTA, AYOBANDUNG.COM--Event The 1st  International Jatiluhur Jazz Festival 2019 berdampak terhadap peningkatan penghasilan para Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang biasa berjualan di sekitaran kawasan wisata Waduk Jatiluhur.

Acara musik mengusung tema Green Water and Life selama dua hari berakhir hingga tadi malam. Para pedagang mengaku penghasilan yang didapat para pelaku UMKM setara dengan yang didapat pada liburan Idul Fitri atau lebaran.

"Semenjak acara ini dibuka jumlah pengunjung meningkat dan berbanding lurus dengan penghasilan yang diperoleh," ujar salah seorang pelaku UMKM di kawasan wisata Waduk Jatiluhur, Agus (43), Minggu (1/12/2019) tadi malam.

AYO BACA : Nikmati Sensasi Menyantap Kuliner di Restoran Terapung Waduk Jatiluhur

Para pengunjung satu persatu berdatangan memadati kawasan Waduk Jatiluhur tempat dimana acara The 1st  International Jatiluhur Jazz Festival 2019 digelar.

Halaman parkir di sekitaran pelabuhan biru dipadati kendaraan milik para pengunjung, banyak di antara mereka menyempatkan diri menikmati kuliner khas Waduk Jatiluhur yaitu nasi liwet dan ikan bakar sebelum menuju panggung musik di pelabuhan biru.

Tak hanya di sekitaran waduk, para pelaku industri rumahan juga dilibatkan dan mengalami hal serupa. Mereka menjajakan hasil produksi di stand yang disiapkan panitia The 1st  International Jatiluhur Jazz Festival 2019.

AYO BACA : Dukung Capaian Target Kunjungan Wisata ke Jabar, PJT II Berbenah

"Saya diajak untuk berjualan di sini, ini merupakan peluang besar untuk mempromosikan camilan yang saya produksi," kata pelaku UMKM lainnya, Titin (48).

Titin berjualan camilan berbahan dasar ikan yang dinamai kerupuk ikan dan basreng. Dia berjualan di sana sejak hari pertama dan telah berhasil menjual puluhan bungkus.

Titin juga menjajakan camilan lain hasil produksi rekan sesama pelaku UMKM yang tergabung dalam Mekarsari Ubrug Sahate (MKUSahate) Jatiluhur.

"Bagi kami para pelaku UMKM sangat penting dilibatkan pada event besar seperti ini untuk memperkenalkan produk yang kami produksi, dengan harapan UMKM yang kami geluti semakin berkembang," ucap warga Kampung Mekarsari Ubrug Kecamatan Jatiluhur itu.

Sebelumnya, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, mengatakan penyelenggaraan International Jatiluhur Jazz Festival 2019 diyakini akan berdampak positif untuk perekonomian masyarakat Purwakarta.

"Ketika kunjungan wisatawan tinggi, banyak yang ke Purwakarta, mereka pasti butuh makan, butuh oleh-oleh khas Purrwakarta, itu akan terus mendorong UMKM Purwakarta berkembang," ujar Anne.

AYO BACA : Para Musisi Ramaikan Jatiluhur Jazz Festival

Editor: Rizma Riyandi

artikel lainnya

dewanpers