web analytics
  

Jadi Ketua KPK, Firli Bahuri Tak Akan Digaji Polri

Kamis, 28 November 2019 15:00 WIB
Umum - Nasional, Jadi Ketua KPK, Firli Bahuri Tak Akan Digaji Polri, Ketua KPK Firli Bahuri, Polri, KPK, gaji firli, ketua KPK baru

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terpilih Firli Bahuri. (Suara.com/Ummi Saleh)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Firli Bahuri tidak akan menerima gaji dari Kepolisian Indonesia (Polri) begitu resmi menjadi Ketua KPK Desember 2019 mendatang. Firli akan digaji dengan status ketua KPK.

Hanya saja status Firli sebagai jenderal di Polri tidak akan terhapus. Begitu juga statusnya sebagai pegawai ASN. Hal itu dikatakan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata.

AYO BACA : Uji Materi UU KPK dari Mahasiswa Tak Diterima MK

"Pak Firli bilang tidak mengundurkan diri. Sama, saya tidak mengundurkan diri sebagai ASN kan begitu tetapi dia praktis akan diberhentikan sementara. Secara kepegawaian dia masih tercatat di sana sampai nanti usia pensiun. Jadi, bukan nanti tidak mengundurkan diri seolah-olah gajinya di Kepolisian masih terima, tidak mungkin rangkap karena seperti itu aturan mainnya," ucap Alex di Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Naik pangkat

AYO BACA : KPK Ingatkan Staf Khusus Jokowi-Maruf Pahami Soal Suap

Kapolri Jenderal Idham Azis melantik 37 perwira tinggi (Pati) Polri di antaranya Irjen Firli Bahuri yang naik menjadi Komisaris Jenderal bintang tiga sebagai Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam).

Selain Firli, 10 pati Polri lainnya yang naik pangkat Inspektur Jenderal (Irjen). Di antaranya, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono, yang sebelumnya menjabat Kapolda Kepulauan Bangka Belitung.

Nico Afinta yang kini menjabat sebagai Staf Ahli Sosial dan Politik (Sahlisospol) Kapolri, Fadil Imran yang menjabat sebagai Staf Ahli Sosial dan Budaya (Sahlisosbud) Kapolri dan sebagainya.

Mantan Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Metro Jaya, Argo Yuwono juga mendapat kenaikan pangkat menjadi Jenderal bintang satu yakni, Brigadir Jenderal (Brigjen) Polisi. Argo sendiri saat ini menjabat sebagai Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Mabes Polri.

Argo menggantikan posisi Brigjen Pol Dedi Prasetyo, yang kini menjabat sebagai Kepala Biro Pembinaan Karier (Karobinkar) SSDM Polri.

AYO BACA : Presiden Beri Grasi Koruptor Alih Fungsi Lahan Riau, KPK Terkejut

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers