web analytics
  

Membangun Ruang Terbuka dan Kolaborasi Warga ala RW 01 Antapani Tengah

Kamis, 28 November 2019 14:52 WIB Nur Khansa Ranawati

Balai, taman dan youth space RW 01 Kelurahan Antapani Tengah, Kecamatan Antapani, Kota Bandung yang diresmikan oleh Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana, Kamis (28/11/2019). (ayobandung.com/Nur Khansa)

ANTAPANI, AYOBANDUNG.COM--Ada hal baru yang dimiliki para warga RW 01 Kelurahan Antapani Tengah, Kecamatan Antapani, Kota Bandung. Kini, para warga mulai dari anak muda hingga lansia di kawasan tersebut dapat memanfaatkan sebuah taman dan ruang serbaguna minimalis yang terletak di Jalan Terusan Jakarta nomor 78A.

Bangunan yang didominasi warna kuning tersebut memiliki sepetak taman dan taman bermain anak di halaman depannya. Tidak ada pintu dan jendela yang membatasi taman tersebut dengan bangunan utama  yang masih nampak kosong dilengkapi dengan sebuah dapur dan kamar mandi.

Keseluruhan area tersebut merupakan balai, taman dan sekaligus youth space alias ruang bagi para anak muda RW 01 Antapani Tenagh untuk mengadakan berbagai kegiatan. Semua fasilitas yang terdapat di area tersebut dapat diakses secara cuma-cuma oleh warga.

Kepala RW 01 Antapani Tengah, Heru Pakusuyanto mengatakan, area gedung tersebut merupakan aset Pemerintah Kota Banudng yang selama puluhan tahun dikuasi individu. Setelah berupaya membebaskan lahan tersebut dan mengembalikannya kepada Pemkot Bandung selama 4 tahun, Bale Warga tersebut akhirnya dapat dibangun.

AYO BACA : Sekda: Posyandu Harus Ada Sampai di Tingkat RT

"Setelah kami upayakan kembalikan ke Pemkot akhirnya kami bisa merubah ini menjadi balai warga, taman, dan youth space. Semua ruangannya terbuka untuk siapapun yang mau berdiskusi, latihan menari, bernyanyi atau apapun asalkan bermanfaat," ungkapnya ketika ditemui selepas peresmian gedung tersebut, Kamis (28/11/2019).

Meski diprioritaskan untuk digunakan para warga RW 01, namun tak menutup kemungkinan balai tersebut juga dapat dimanfaatkan warga lainnya. Heru mengatakan, sejauh ini juga sudah terdapat beberapa lembaga yang mengajak warga sekitar berkolaborasi dalam suatu proyek. Mulai dari Baznas hingga para mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) yang memanfaatkan balai warga tersebut.

"Boleh kalau ada komunitas yang mau menyelenggerakan kegiatan di balai ini dipersilakan. Asalkan dikomunikasikan terlebih dahulu dan jadwalnya disesuaikan," ungkapnya.

Selain memberi ruang untuk para warganya berkumpul dan berkolaborasi melakukan kegiatan tertentu, Heru menyebutkan upaya pembangunan area tersebut juga merupakan salah satu bentuk sumbangsih RW 01 Antapani Tengah untuk meningkatkan jumlah Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Bandung.

AYO BACA : 34 Atlet Bela Diri Beroleh Beasiswa dari KONI Kota Bandung

"Karena jumlah RTH di Kota Bandung kan masih kurang, kita turut membantu hal tersebut lewat peresmian Taman RW 01 ini," jelasnya.

Ditemui dalam kesempatan yang sama, Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana mengatakan dirinya sangat mengapresiasi hal yang telah dibangun warga RW 01 tersebut. Hal ini juga disebut sebagai bentuk pemanfaatan aset kota yang positif.

"Saya tidak tahu apakah balai warga di RW 01 Kelurahan Antapani Tengah ini yang pertama ada di Kota Bandung atau bukan, tapi yang jelas ini bisa digunakan untuk berbagai aktivitas warga. Ini hal yang positif; memanfaatkan aset Kota Bandung agar warga dapat berkegiatan dengan nyaman dan aman," ungkapnya.

Dirinya berharap terdapat lebih banyak lagi ruang-ruang serupa di daerah lainnya yang hadir dari inisiasi warga. Pasalnya, dia mengatakan, Pemkot Bandung memiliki keterbatasan untuk menciptakan ruang sejenis di seluruh tempat.

"Harapan ke depan daerah lain bisa membuat tempat seperti ini. Balai ini kan memang partisipasi penuh dari warga, kalau Pemkot hanya beri support terbatas karena ya kami juga punya keterbatasan," jelasnya.

AYO BACA : Pemkot Bandung Kaji Penambahan Jalur Sepeda

Editor: Rizma Riyandi

artikel lainnya

dewanpers