web analytics
  

Perbaikan Kirmir Sungai Cidurian Dilakukan Senin Besok

Minggu, 24 November 2019 14:37 WIB Faqih Rohman Syafei

Kirmir Sungai Cidurian RT 03/RW 01 Kelurahan Jatisari, Kecamatan Buahbatu, Kota Bandung, ambruk. (Ayobandung.com/Faqih Rohman Syafei)

BUAHBATU, AYOBANDUNG.COM--Tembok penahan tanah atau kirmir Sungai Cidurian RT03/RW01, Kelurahan Jatisari, Kecamatan Buahbatu, Kota Bandung ambruk pada Kamis (21/11/2019) sore. Perbaikan direncakan dilakukan pada Senin (25/11/2019) besok.

"Paling senin, perbaikan dilakukan langsung oleh petugas Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS)," ujar Sekretaris RW01, Suganda, Minggu (24/11/2019).

Suganda mengatakan untuk perbaikan kirmir akan dilakukan secara bertahap. Pada tahap pertama area yang ambruk akan dibuatkan penahan guna menahan longsor.

Lalu, kata dia untuk tahap selanjutnya perbaikan kirmir akan dilakukan pada tahun 2020 nanti. Hal tersebut karena terbentur oleh anggaran yang tidak memadai.

AYO BACA : Kirmir Sungai Cidurian Ambruk, Ini Waktu Perbaikannya

"Besok akan dibuat penahan longsor. Karena anggaran 2019 sudah ditutup jadi gak akses untuk anggaran yang dibisa dialokasikan untuk penanganan pertama. Tahun 2020 menjadi skala prioritas untuk penanganan," tuturnya.

Disinggung jelang musim penghujan, Suganda mengaku sudah melakukan sejumlah langkah antisipasi salah satunya dengan memberikan imbauan kepada warga. Pasalnya, pasca ambruknya kirmir Sungai Cidurian terapat sejumlah rumah yang terancam amblas.

"Kami sudah Imbau kepada warga, kalau curah hujan sedang tinggi untuk selalu bersiaga. Kemarin sudah kerja bakti beresin yang bekas reruntuhan (kirmir) atasnya," katanya.

Diketahui, penyebab utama kirmir Sungai Cidurian ambruk karena terjadi pengikisan tanah di bagian pondasi. Sedangkan kerusakannya mencapai 20 meter panjangnya.

Akibat ambruknya kirmir, akses jalan terhambat. Warga terpaksa harus memutar jalan, sebab jalan yang biasa dilalui dalam kondisi rusak dan juga membahayakan.

AYO BACA : Kirmir Sungai Cidurian Ambruk Diduga Akibat Pengikisan

Editor: Dadi Haryadi

artikel lainnya

dewanpers