web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Sekolah Didorong Pakai SIPLah dalam Pengadaan Barang dan Jasa

Minggu, 24 November 2019 08:47 WIB Ananda Muhammad Firdaus

Ilustrasi. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Sekolah diminta memaksimalkan penggunaan Sistem Informasi Pengadaan Sekolah (SIPLah) dalam pengadaan barang dan jasa dengan menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah alias BOS.

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat (BKLM) Kemendikbud, Ade Erlangga Masdiana mengatakan SIPLah merupakan komitmen pemerintah dalam mewujudkan tata kelola keuangan pendidikan yang transparan dan akuntabel.

AYO BACA : Oded Terima Penghargaan Kihajar 2019

"Kehadiran SIPLah dapat menjadi solusi untuk peningkatan tata kelola sekolah. SIPLah bermanfaat dalam tata kelola keuangan. Dokumentasi elektronik setiap transaksi jumlah, jenis, semua itu dikelola dengan baik," ujar Ade seperti dilaporkan Antara.

Melalui SIPLah, tambah Erlangga, setidaknya terdapat penguatan tata kelola keuangan sekolah yang baik. Sehingga keberadaan data transaksi menjadikan proses pengendalian dan pemantauan lebih mudah dan dapat meminimalisasi modus pengadaan fiktif, efisiensi anggaran dengan tingkat harga keseluruhan lebih rendah dan opsi penyedia yang lebih banyak dan beragam.

AYO BACA : Sri Mulyani Tunggu Terobosan Nadiem Makarim Cetak SDM Berkualitas

"Dengan aplikasi ini, sekolah memiliki lebih banyak alternatif untuk pelaksanaan belanja, dan membuka kesempatan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di daerah, termasuk toko-toko yang berada di sekitar sekolah," terang dia.

Para pelaku UMKM yang menyediakan fasilitas penunjang sekolah bisa dengan mudah mendaftarkan diri untuk dapat memanfaatkan SIPlah untuk memajukan usahanya.

"Caranya mudah tinggal daftar di SIPlah.Kemendikbud.go.id. Mudah-mudahan pelaku UMKM dan perekonomian di sekitar sekolah itu bisa hidup," lanjut Erlangga.

AYO BACA : Jokowi Minta Nadiem Perhatikan Pendidikan di Luar Jawa

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

artikel lainnya

dewanpers