web analytics
  

Ketahui 7 Penyebab Kulit Wajah Kering, Salah Satunya Udara

Jumat, 22 November 2019 11:05 WIB M. Naufal Hafizh

[Ilustrasi] Udara kering menjadi salah satu penyebab kulit wajah menjadi kering. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Kulit kering terjadi saat lapisan kulit paling luar mengalami kekurangan cairan. Hal ini disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya udara kering.

Sejumlah penyebab yang menyebabkan kulit kering, yakni:

1. Salah menggunakan pelembap wajah

Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan adalah menggunakan pelembap saat kulit kering. Padahal, produk itu bermanfaat maksimal, yaitu ketika digunakan saat kulit dalam keadaan lembap atau sesaat setelah mandi.

2. Mandi dengan air panas terlalu lama

AYO BACA : Kulit Kering, Jangan Lakukan 6 Hal Ini

Hal ini dapat menghilangkan minyak alami yang melindungi kulit. Lebih baik pilih air hangat dan keringkan kulit dengan cara menepuk dengan handuk secara pelan-pelan, jangan menggosok berlebihan.

3. Sabun yang terlalu banyak

Sebagaimana air panas, sabun juga dapat menghilangkan minyak alami kulit. Apalagi jika digunakan terlalu banyak. Hindari penggunaan sabun yang mengandung pewangi tambahan.

4. Udara kering

Hal ini merupakan salah satu penyebab utama yang dapat menghilangkan kelembapan kulit. Selain itu, pendingin udara juga memiliki pengaruh yang sama terhadap kulit. Karena itu, jangan lupa untuk menggunakan pelembap kulit.

AYO BACA : 4 Tips Mencegah Kulit Kering dan Ruam pada Musim Dingin

5. Paparan sinar matahari

Manfaat sinar matahari memang sangat baik bagi tubuh, terutama sinar matahari pagi. Namun, sinar matahari juga merupakan salah satu penyebab kulit kering. Minimalkan efeknya dengan menggunakan tabir surya ataupun topi lebar yang melindungi wajah.

6. Penggunaan obat-obatan

Beberapa jenis obat memiliki efek mengeringkan kulit, seperti obat untuk tekanan darah tinggi, obat penurun kolesterol, antialergi, dan obat jerawat.

7. Kondisi kesehatan tertentu

Kulit kering bisa menjadi tanda tubuh tengah mengalami perubahan atau mengalami penyakit tertentu. Misalnya, perubahan hormon pada wanita paruh baya menjelang menopause. Selain itu, beberapa kondisi seperti diabetes, gangguan tiroid, dan kurang gizi juga dapat menyebabkan kulit kering, demikian rilis Alodokter, Jumat (22/11/2019).

AYO BACA : Jika Dehidrasi, Jangan Minum 8 Makanan dan Minuman Ini

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers