web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Yuk Kunjungi Wahana Edukasi Sentra Keramik di Purwakarta

Kamis, 21 November 2019 13:05 WIB Dede Nurhasanudin

Siswa tengah belajar produksi keramik di UPTD Pengembangan Sentra Keramik Plered. (Ayopurwakarta.com/Dede Nurhasanudin)

PURWAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- UPTD Pengembangan Sentra Keramik Plered menjadi salah satu destinasi wisata menarik dan patut dikunjungi di Kabupaten Purwakarta.

Pengembangan Sentra Keramik ini berlokasi di Jalan Raya Anjun, Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta. Berbagai model keramik seperti pot, guci, souvenir, celengan, mainan anak, dan lainnya tersedia di sini.

AYO BACA : Polisi Terus Dalami Kasus Tanah Kas Desa di Purwakarta

Sentra ini sering kali ramai dikunjungi para pelajar atau mahasiswa yang sebagian besar berasal dari luar kota. Umumnya mereka belajar cara produksi kerajinan tangan berbahan tanah liat tersebut.

Kepala UPTD Pengembangan Sentra Keramik Plered Mumun Maemunah mengatakan, hingga saat ini sentra perajin keramik Plered sebagai salah satu destinasi wisata edukasi di Kabupaten Purwakarta terus mendapatkan apresiasi dan kunjungan dari wisatawan.

AYO BACA : Gara-gara Tanah Kas Desa, Kades di Purwakarta Terancam Penjara 20 Tahun

Kegiatan pembuatan keramik merupakan budaya turun temurun sehingga masyarakat setempat sangat ahli membuat keramik sejak dulu.

“Kami selalu berusaha semaksimal mungkin memberikan yang terbaik bagi para pengunjung yang datang, terutama bagi pelajar kita paparkan proses awal hingga akhir pembuatan keramik,” kata Mumun, Kamis (21/11/2019).

Mumun berharap, segala fasilitas yang ada di sini dapat memberikan pelajaran sekaligus pengalaman berharga bagi setiap pengunjungnya.

“Setiap bulannya ada saja rombonganì pelajar yang datang, bahkan dari luar kota seperti Bandung, Jakarta, bahkan dari kota di Jawa Tengah dan tentunya pelajar dari Purwakarta sendiri,” kata dia.

Sepanjang Jalan Raya Anjun Kecamatan Plered berjejer rumah warga yang disulap menjadi toko berjualan gerabah keramik. Selama ini wilayah itu menjadi pusat oleh-oleh kerajinan tangan asal Purwakarta.

AYO BACA : Mengenal Kopi Purwakarta yang Nikmat

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers