web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Kebun Binatang Mini di Balkot Bandung, Tempat Hiburan Cuma-cuma

Sabtu, 16 November 2019 16:43 WIB Nur Khansa Ranawati

Salah satu hewan di Kebun Binatang Mini di Taman Balai Kota Bandung, Sabtu (16/11/2019). (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Salah satu tempat hiburan cuma-cuma yang dapat diakses warga maupun wisatawan Kota Bandung adalah Taman Balai Kota. Terletak di Jalan Merdeka-Wastukencana, taman ini menyediakan ruang bermain dan bersantai yang luas dan dapat diakses oleh segala usia.

Secara umum, taman ini terbagi ke dalam beberapa area. Ada taman Dewi Sartika yang menghadap ke Jalan Merdeka, Taman Badak, dan Taman Cinta yang berada di area tengah menuju Jalan Wastukencana.

Belum lama ini, ada penambahan area tak jauh dari patung Dewi Sartika, yakni area kebun binatang mini.

Sebagaimana namanya, Anda dan keluarga dapat melihat-lihat sejumlah bintang dalam kandang di area ini. Meskipun tak terlalu luas, tempatnya yang berada di pojokan cukup teduh untuk dijadikan tempat rehat dan bersantai dari terik matahari.

Ketika Ayobandung.com menyambangi tempat tersebut, Sabtu (16/11/2019), sejumlah keluarga dengan anak-anak tampak asyik mengamati sejumlah binatang yang ada. Jenis yang paling banyak adalah unggas, termasuk berbagai ras ayam yang jarang dijumpai sehari-hari.

Binatang yang terdapat di kebun binatang mini tersebut antara lain Ayam Polland asal Belanda, angsa, ayam mutiara berbulu totol-totol, ayam serama, ayam batik itali, ringneck pheasant, burung cinta, dan kelinci. Selain itu, terdapat pula area tanaman yang ditanam menggunakan teknik hidroponik, hingga pojok Kangpisman untuk memperagakan pengolahan sampah.

Salah satu petugas keamanan setempat, Dede Rukman, mengatakan, area kebun binatang mini tersebut telah resmi beroperasi sejak awal 2018. Warga yang ingin mengunjunginya dipersilakan datang tanpa dipungut biaya, namun harus menaati sejumlah peraturan yang berlaku.

"Tidak boleh melempari binatang dengan batu. Banyak kejadian anak-anak kecil melempari binatang. Juga jangan buang sampah sembarangan," ungkapnya.

Di salah satu sudutnya saat ini tengah dilakukan pembangunan kandang. Dede mengatakan, kandang tersebut akan dihuni oleh kambing.

"Jenisnya kambing adu yang memiliki tanduk," ungkapnya.

Kebun binatang mini dan keseluruhan area Taman Balai Kota Bandung terbuka untuk diakses masyarakat setiap hari mulai pukul 05.00 WIB hingga 20.00 WIB.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers