web analytics
  

5 Posisi Tidur dan Berbagai Manfaatnya untuk Kesehatan

Sabtu, 16 November 2019 03:00 WIB
Gaya Hidup - Sehat, 5 Posisi Tidur dan Berbagai Manfaatnya untuk Kesehatan, posisi tidur, susah tidur, tidur nyenyak,

[Ilustrasi] Posisi tidur memiliki manfaatnya tersendiri. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Selain waktu yang cukup, posisi tidur ternyata memberi efek signifkan bagi kesehatan.

Dilansir Daily Mail, Jumat (15/11/2019), ada penelitian terbaru yang dilakukan oleh Ecosa dengan mengamati kebiasaan tidur dari 4.500 orang di Australia. Dari studi ini, ditemukan hampir 50% orang yang tidur dengan posisi salah yang justru menyebabkan masalah kesehatan.

Survei juga menunjukkan beberapa posisi tidur mempengaruhi tubuh secara negatif. Ringo Chan sebagai CEO Ecosa mengatakan, ada lima posisi tidur, mulai dari yang terbaik bagi kesehatan hingga terburuk yang perlu diketahui:

1. Posisi samping

Sebanyak 55% warga Australia yang ikut serta dalam kuesioner menyukai tidur menyamping adalah posisi yang mereka sukai. Faktanya, Chan mengatakan, posisi ini terbukti terbaik untuk mendapatkan kesehatan yang optimal.

Tidur menyamping membantu membuka saluran udara dan merupakan posisi yang banyak orang merasa nyaman dan mudah untuk dilakukan. Chan mengungkapkan, posisi ini adalah yang paling aman bagi wanita hamil.

“Ini adalah posisi yang paling aman bagi wanita hamil dan dapat membantu mengurangi dengkuran bagi mereka yang menderita sleep apnoea,” ujar Chan.

2. Posisi bebas

Berdasarkan data yang didapatkan dari survei, tidur dengan gaya bebas atau tidak tetap pada satu posisi adalah yang paling populer dengan jumlah 23% dari total orang yang mengikuti kuisioner.

Chan mengatakan, orang-orang yang memilih posisi ini cenderung bergerak atau berpindah-pindah sepajang malam dan ternyata itu baik untuk sirkulasi tubuh dan distribusi nutrisi.

3. Posisi belakang

Posisi belakang atau back position saat tidur dipilih oleh 15% yang mengikuti survei. Menurut Chan, posisi ini masih baik untuk kesehatan, khususnya bagi punggung Anda.

“Berbaring terlentang di kasur adalah cara terbaik untuk menjaga tulang belakang Anda tetap lurus dan menghindari tekanan pada punggung bagian bawah, pinggul dan lutut,” ujar Chan.

Meski demikian, tidur dengan posisi terlentang dapat meningkatkan potensi mendengkur dan sleep apnea.

4. Posisi perut (tengkurap)

Stomach position atau posisi perut menghadap bawah atau lebih populer dengan istilah tengkurap mungkin disukai oleh banyak orang. Namun, dalam survei kali ini hanya 6,7% dari partisipan yang mengaku menyukainya.

Healthline melaporkan, tidur dengan posisi perut sebenarnya memiliki beberapa manfaat kesehatan, di antaranya adalah mengurangi potensi mendengkur dan mengurangi sleep apnea.

Namun, posisi ini juga dapat menimbulkan masalah kesehatan yang tentu sangat tidak diinginkan karena menyebabkan ketidaknyamanan.

Posisi ini dapat membebani kerja punggung dan leher, yang pada akhirnya menyebabkan rasa sakit pada bagian kepala, hingga membuat kecendrungan postur tubuh yang buruk.

"Jika Anda tidur tengkurap, tinggi bantal Anda sangat penting untuk kesehatan leher Anda," kata Chan.

Chan mengatakan, pada umumnya, bantal yang sangat rendah atau justru tidak menggunakannya sangat direkomendasikan bagi orang yang emmilih posisi tengkurap. Hal itu karena dengan bantal yang terlelu tinggi, maka leher Anda berada dalam posisi naik yang menimbulkan rasa sakit.

5. Posisi Fetal

Fetal position tidak mendapatkan peringkat dalam survei yang dilakukan Ecosa. Namun, sebenarnya banyak orang yang menggunakannya saat tidur, baik secara sengaja maupun tidak disengaja.

Nama fetal atau diartikan sebagai janin diberikan untuk posisi ini karena posisi tidur ini terlihat seperti bayi di dalam kandungan yang meringkuk dengan nyaman.

Ternyata, posisi ini memang bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk melindungi tulang belakang Anda selama tidur dan menghindarkan Anda dari mendengkur.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

terbaru

Waspada Dehidrasi Saat Puasa, Picu Emosi dan Lupa

Sehat Rabu, 21 April 2021 | 05:45 WIB

kurang cairan tak sekadar membuat kita merasa haus, tapi juga bisa mengganggu fungsi kognitif sekaligus memengaruhi suas...

Gaya Hidup - Sehat, Waspada Dehidrasi Saat Puasa, Picu Emosi dan Lupa, Dehidrasi,dehidrasi saat puasa,bahaya dehidrasi,cara cegah dehidrasi, puasa sehat,Cara Cegah Dehidrasi saat Berpuasa,Tips Puasa

Bahaya Menahan Bersin, Vertigo hingga Hernia

Sehat Rabu, 21 April 2021 | 05:15 WIB

Bahaya Menahan Bersin

Gaya Hidup - Sehat, Bahaya Menahan Bersin, Vertigo hingga Hernia, bahaya menahan bersin,menahan bersin,Vertigo,Hernia

Begini Pentingnya Periksa Kesehatan Berkala saat Ramadan

Sehat Rabu, 21 April 2021 | 02:31 WIB

Memeriksa kesehatan secara berkala penting dilakukan selama Ramadan.

Gaya Hidup - Sehat, Begini Pentingnya Periksa Kesehatan Berkala saat Ramadan, pemeriksaan kesehatan,Kesehatan,kesehatan saat puasa,pemeriksaan kesehatan berkala,Ramadan 2021

Terinfeksi Covid-19 Sebelum Vaksinasi Kedua, Harus Bagaimana?

Sehat Rabu, 21 April 2021 | 01:26 WIB

Seseorang yang sudah menerima dosis pertama vaksin Covid-19 masih berpotensi untuk tertular Covid-19. Meski begitu, menu...

Gaya Hidup - Sehat, Terinfeksi Covid-19 Sebelum Vaksinasi Kedua, Harus Bagaimana?, Vaksin Covid-19,Vaksinasi Covid-19,vaksin corona,terinfeksi Covid-19

Kondisi Mulut Bisa Tunjukan Tanda Gula Darah Tinggi

Sehat Selasa, 20 April 2021 | 19:51 WIB

Orang dengan diabetes lebih rentan terhadap mulut kering dan infeksi jamur seperti sariawan karena kadar glukosa yang ti...

Gaya Hidup - Sehat, Kondisi Mulut Bisa Tunjukan Tanda Gula Darah Tinggi, Mulut Bisa Tunjukan Tanda Gula Darah Tinggi,Gejala Diabetes Tipe 2,mencegah diabetes tipe 2,diabetes tipe 2,Risiko Diabetes Tipe 2,Diabetes,Obat Alami Diabetes,Bahaya Diabetes,Tanda gula darah tinggi,Tanda Diabetes

Cara Mencegah Penyakit yang Sering Muncul di Musim Pancaroba

Sehat Selasa, 20 April 2021 | 12:34 WIB

Musim pancaroba kerap menjadi waktu yang rentan terhadap penyakit infeksi yang banyak terjadi di wilayah beriklim tropi...

Gaya Hidup - Sehat, Cara Mencegah Penyakit yang Sering Muncul di Musim Pancaroba, Penyakit di Musim Pancaroba,cara mencegah penyakit pancaroba,Cara mencegah penyakit tropis,Penyakit Tropis di Musim Pancaroba,musim pancaroba,penyakit tropis,bahaya penyakit tropis,tanda penyakit infeksi musim pancaroba

Cegah Anemia, Sayur dan Buah Ini Jadi Makanan Penambah Darah

Sehat Selasa, 20 April 2021 | 12:19 WIB

Selain daging, ada beberapa jenis sayur dan buah yang dapat menambah darah.

Gaya Hidup - Sehat, Cegah Anemia, Sayur dan Buah Ini Jadi Makanan Penambah Darah, Makanan Penambah Darah,sayur dan buah penambah darah,Kekurangan sel darah merah,penyebab Kekurangan sel darah merah,bahaya Kekurangan sel darah merah,ciri kekurangan sel darah merah

Penyakit Diabetes Hingga Jantung Bisa Terlihat dari Kondisi Kaki

Sehat Selasa, 20 April 2021 | 12:08 WIB

Masalah yang terjadi di kaki Anda ternyata bisa menjadi tanda awal dari penyakit berbahaya seperti diabates dan jantung.

Gaya Hidup - Sehat, Penyakit Diabetes Hingga Jantung Bisa Terlihat dari Kondisi Kaki, Kondisi Kaki,tanda awal dari penyakit berbahaya,Cara menedeteksi penyakit berbahaya,bagaimana mengenai gejala penyakit berbahaya,tanda dari potensi penyakit,Penyakit Diabeter terlihat dari kaki,penyakit jantung terkihat dari kaki

artikel terkait

dewanpers