web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Mengenal Kampung Doser di Tasikmalaya

Selasa, 12 November 2019 19:01 WIB Irpan Wahab Muslim

Kampung Doser (ayotasik.com/Irpan Wahab)

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM--Di Desa Cipakat Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya, ada nama sebutan untuk satu kampung yang sangat unik. Tetapi nama kampung itu, tidak dimasukan dalam catatan administrasi desa.

Nama kampung tersebut bernama kampung Doser. Berdasarkan penelusuran Ayotasik.com dilapangan, nama kampung doser tercatat administasinya sebagai kampung Cisaro yang memiliki 3 RW dan 11 RT.

Bagi warga sekitar Kecamatan Singaparna, nama kampung doser lebih mudah dikenal daripada kampung Cisaro. Penamaan kampung doser berawal dari aktivitas pemugaran bukit dengan menggunakan alat berat Dozer.

Pemugaran bukit itu, berkaitan dengan penataan wilayah Kecamatan Singaparna. Dimana, saat itu, akan dibangun Sekolah Dasar Negeri, perpindahan kantor Desa Cipakat dan pemukiman.

"Dulu mah ieu teh gunung jang, sekitar tahun 1980 an dipugar lantaran bade ngalih kantor Desa anu kawitna di Kudang ka lokasi anu ayeuna," papar Majid (75) warga Kampung Cisaro, Selasa (12/11/2019).

Perpindahan Kantor Desa itu, kata Majid, dikarenakan adanya kesepakatan kepemilikan tanah antara pihak pemerintah dengan pihak ketiga. Dimana isinnya tanah milik pemerintah yang digunakan sebagai wilayah kerja Kantor Pemerintah Desa Cipakat untuk di tukar gulingkan dengan sebidang tanah yang berada di Kp. Dozer RT. 03/RW. 06, yang sekarang diberi nama JL. KH. Ruhiat Dozer.

"Saatosna dipugar, nembe aya Sakola SD, terus kawitma mah lapangan heliped kanggo waktos Mukmatar NU di Cipasung tahun 1994," paparnya.

Warga lainnya Sumpena (60) warga Kampung Cipasung Desa Cipakat menambahkan, saat berbentuk bukit banyak pepohonan besar, mulai dari pohon karet, mahoni, hingga pohon bambu. Sumpena berkisah, bukit itu dulunya tempat mencari kayu bakar warga.

"Dulu mah sieun kalau udah sore lewat kesitu, tidak seperti sekarang sudah ramai ada pemukiman, jalan bagus," tambah Sumpena.

Saat ini, kampung Doser yang secara administrasi bernama kampung Cisaro itu dipenuhi dengan pemukiman, arena bermain air dan sekolah dasar.

Editor: Rizma Riyandi
dewanpers