web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Polsek Bandung Wetan Bekuk Pencuri Mobil dan Penadahnya

Jumat, 8 November 2019 16:34 WIB Faqih Rohman Syafei

Ilustrasi pencurian mobil. (TheDigitalWay/Pixabay)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Pelaku pencurian yang menyasar ojek online berhasil dibekuk Polsek Bandung Wetan. Selain pelaku, polisi mengamankan seorang penadahnya.

"Kami amankan AI pelaku pencurian mobil dan SN yang merupakan seorang penadahnya," ujar Kapolsek Bandung Wetan Kompol R. Budi Triyono di Mapolsek Bandung Wetan, Jumat (8/11/2019).

Budi mengatakan, pelaku ditangkap berdasarkan empat laporan warga, satu di antaranya dari pengendara taksi online. Modus yang digunakan pelaku dengan berpura-pura menyewa mobil.

"Dalam aksinya, pelaku menyasar taksi online sebagai targetnya. Pelaku memesan kendaraan dengan cara menggunakan aplikasi," katanya.

Setelah mendapatkan calon korbannya, pelaku meminta mengantarkannya ke suatu tempat. Ketika sampai di tujuan, calon korban diajak masuk ke sebuah rumah makan.

"Pelaku berpura-pura pinjam kunci mobil dengan alasan mengambil barang yang tertinggal. Setelah kunci didapat, pelaku langsung kabur meninggalkan korbannya," terang Budi.

Berdasarkan pengakuan pelaku, aksi dengan modus serupa sudah dilakukan enam kali. Selain di Bandung, pelaku beraksi di Sukabumi, Cirebon, dan Sukoharjo, Jawa Tengah.

"Mobil hasil curian dijual pelaku ke SN yang berdomisili di Jawa Tengah. Dari pengungkapan ini diamankan sebanyak empat mobil," ucap Budi.

Atas perbuatannya, kata Budi, AI dikenakan Pasal 378 KUHP dengan ancaman minimal empat tahun penjara. Sementara itu, SN dikenakan Pasal 480 KUHP dan diancam lima tahun penjara.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers