web analytics
  

Ini Bahaya Pura-pura Jadi Orang Tua Sempurna di Medsos

Kamis, 7 November 2019 12:49 WIB
Gaya Hidup - Sehat, Ini Bahaya Pura-pura Jadi Orang Tua Sempurna di Medsos, insta parenting, mengasuh anak, orang tua milenial, media sosial, instagram

Insta parenting bisa berbahaya bagi kesehatan jiwa. (Shutterstock)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Menggunakan Instagram untuk mengunggah foto-foto bersama keluarga boleh-boleh saja. Namun hati-hati, peneliti menyebut tren insta parenting kini bisa berdampak buruk pada kesehatan jiwa.

Insta parenting adalah tren menjadi orang tua yang sempurna di media sosial. Padahal kenyatannya jauh dari ekspektasi.

AYO BACA : Anak Susah Makan Butuh Perhatian Khusus

Mengutip The Irish News, Kamis (7/11/2019) sebuah penelitian menunjukkan 6 dari 10 orang tua merasa tertekan dengan media sosial dengan adanya insta parenting, padahal orang tua sempurna adalah omong kosong dan nihil.

Mayoritas orang tua ini merasa stres dan cemas, bahkan cenderung merasa gagal karena tidak sesuai standar di media sosial. Jadi sangat penting untuk mengedukasi orang tua untuk menengok kembali penggunaan sosial media dengan lebih jujur pada kenyataan mengasuh anak.

AYO BACA : Orang Tua Harus Pahami Bahaya Kecanduan Gawai pada Anak

"Mengasuh anak tidak pernah mudah, tetapi dengan tambahan tekanan di media sosial, hari-hari yang berat dan sulit bertambah besar saat membandingkan dengan keluarga yang tampak sempurna yang kita lihat di media sosial," ungkap Wakil Kepala Eksekutif Home Start, Vivien Waterfield.

"Penelitian kami menemukan 60% orang tua merasakan tekanan dari media sosial untuk menjadi orang sempurna, dan kami menamai tren ini insta parenting," sambungnya.

Disarankan juga agar para orang tua saling mendukung dengan lebih terbuka berdialog tentang sulit dan beratnya merawat anak. Salah satu caranya dengan menyadari tidak ada orang tua yang sempurna.

Sadarlah, bawa orang tua tidak sendirian karena banyak orang tua yang sama tidak sempurnanya, punya kesalahan dalam mendidik anak. Saat menghadapi tantangan itulah, tidak ada salahnya dibagikan di media sosial. Lalu buat orang tua lainnya sadar.

AYO BACA : Kebanyakan Orang Tua Tidak Tahu Anaknya Menderita Skoliosis

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers