web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Ridwan Kamil Targetkan Jabar Jadi Provinsi Pariwisata

Sabtu, 2 November 2019 15:01 WIB Nur Khansa Ranawati

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Ayobandung.com/Nur Khansa)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menargetkan Jawa Barat menjadi provinsi pariwisata. Guna mencapai hal tersebut, Emil tengah merancang sejumlah strategi agar angka kunjungan wisatawan terus meningkat.

Rencana tersebut disampaikan pada West Java Festival 2019 hari kedua di Gedung Sate, Sabtu (2/11/2019). Emil mengatakan, terdapat tiga strategi yang saat ini tengah dilakukan.

"Pertama adalah memperbaiki akses ke tempat-tempat seperti puncak gunung, air terjun, dan lain-lain," katanya.

Kedua, membangun destinasi wisata air. Tak hanya membenahi akses, sejumlah situ dan waduk di Jabar saat ini tengah 'dipermak' dengan sejumlah fasilitas wisata warga hingga water sport.

Beberapa darah yang tengah dibenahi antara lain Sungai Kalimalang (Bekasi), Situ Ciburuy (Kabupaten Bandung Barat), Situ Rawa Kalong (Kota Depok), dan Waduk Dharma (Kabupaten Kuningan).

"Ketiga adalah membangun kawasan ekonomi khusus. Hal ini bisa mewujudkan multiplier effect yang berdampak baik pada ekonomi masyarakat," jelasnya.

Salah satu kawasan ekonomi khusus di Jabar yang saat ini tengah dikembangkan adalah Kabupaten Pangandaran. Pantai Pangandaran akan terus dibenahi hingga menjadi Hawaii-nya Indonesia.

"Di pantainya juga sekarang akan kita pasang water breaker sehingga wisatawan yang berenang tidak perlu terkena ombak-ombak besar," ungkap Emil.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers