web analytics
  

Orang Tua Harus Pahami Bahaya Kecanduan Gawai pada Anak

Kamis, 31 Oktober 2019 13:23 WIB Rizma Riyandi
Gaya Hidup - Sehat, Orang Tua Harus Pahami Bahaya Kecanduan Gawai pada Anak, fedi nuril, bahaya gadget, bahaya gadget bagi anak, anak sehat, tidur bawa ponsel

Ilustrasi (pixabay)

SEMARANG, AYOBANDUNG.COM--Bahaya penggunaan gadget yang berlebihan pada anak bisa menyebabkan anak mengalami kecanduan terhadap gadget.

Saat ini, terdapat 8 anak yang harus dirawat di Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Amino Gondohutomo Semarang karena mengalami kecanduan gadget.

AYO BACA : [Lipkhas] Psikolog Pertanyakan Soal Ayam Sebagai Solusi Candu Gadget

"Kedelapan anak itu harus dirawat inap dan menjalani terapi karena kondisi kejiwaannya yang sudah tidak bisa diajak berkomunikasi karena asik dengan gadgetnya. Dia marah kalau gawai nya diambil," ujar Psikolog Klinis RSJD Amino Gondohutomo, Sri Mulyani, Kamis (31/10/2019).

Sri menambahkan, jika kedelapan anak itu memiliki usia termuda sekitar anak-anak usia SD kelas 4-5. Kemudian usia SMP. "Salah satu pemicu kecanduannya karena permainan gim online," tambahnya.

AYO BACA : [Lipkhas] Anak Ayam Pengganti Gadget, Dinilai Malah Bikin Repot Orangtua

Sri menerangkan beberapa ciri umum yang terlihat pada anak yang sudah kecanduan gadget pada anak yaitu lupa belajar, lupa kerjakan PR, bangun selalu kesiangan, sering membolos sekolah.

"Pastinya anak menunjukkan sikap marah ketika gawainya diambil. Tak mau lepas dengan gadgetnya. Tentunya ini mengganggu aktifitas sehari-hari, kalau sudah sampai adiksi harus segera diobati," terangnya.

Menurut Sri masalah kecanduan gawai pada anak sudah banyak terjadi, namun masih banyak orangtua yang belum memahami untuk memeriksakan anaknya ke dokter jiwa atau psikiater  agar tidak semakin parah.

"Banyak orang tua ada yang masih berstigma RSJ untuk orang gila atau gangguan jiwa akut saja, padahal jika anak sudah menunjukkan kecanduan gawai, itu harus ditangani ke dokter jiwa atau psikiater agar tidak semakin parah," ucapnya.

AYO BACA : Psikolog Ungkap Cara Hindarkan Anak dari Candu Gadget

Editor: Rizma Riyandi
dewanpers