web analytics
  

Kastil Shuri, Situs Warisan Dunia di Jepang Ludes Terbakar

Kamis, 31 Oktober 2019 10:24 WIB M. Naufal Hafizh
Umum - Internasional, Kastil Shuri, Situs Warisan Dunia di Jepang Ludes Terbakar, Kastil Shuri, kebakaran, Situs, Warisan Dunia, Jepang, Hancur, Terbakar,

Kebakaran melanda Kastil Shuri yang merupakan bangunan Warisan Dunia di Jepang. (AFP)

OKINAWA, AYOBANDUNG.COM -- Insiden kebakaran melanda hingga menghancurkan sebagian besar Kastil Shuri, sebuah situs Warisan Dunia di pulau Okinawa, Jepang selatan. Aula utama kastil diketahui sudah berubah menjadi kerangka.

Tayangan televisi menunjukkan petugas pemadam kebakaran masih berjuang melawan api di bangunan kayu kastil multi-struktur pada Kamis pagi. Permintaan telepon bantuan darurat pertama tentang kebakaran itu terjadi sekitar pukul 02.47 pagi (1747 GMT), kata penyiar publik NHK.

AYO BACA : Bandung Baheula: Pesta di Lapang Tegallega, Dulunya Tempat Pacuan Kuda

Sebuah objek wisata yang populer, Shuri, dibangun lebih dari 500 tahun yang lalu sebagai istana bagi keluarga kerajaan Ryukyu.

Kebakaran kastil itu terjadi di tengah-tengah festival pertengahan musim gugur tahunannya.

AYO BACA : Bandung Baheula: Kampung Kreatif Lokomotif Cicukang dan Kisah Lamanya

Tempat itu telah dijadwalkan untuk masuk sebagai salah satu perhentian pada rute obor Olimpiade Tokyo 2020.

Terletak di puncak bukit yang menghadap ke kota Naha dan dikelilingi oleh dinding-dinding batu yang melengkung, kastil dan bangunan-bangunan di sekitarnya dicat merah cerah dan dikenali dari atap-ubin yang miring.

Kastil itu pernah hancur dan dibangun kembali setelah kebakaran berkali-kali—yang paling baru dalam Pertempuran Okinawa pada 1945.

Setelah Perang Dunia II, kastil tersebut berfungsi sebagai kampus untuk universitas negeri terbesar di Okinawa hingga pertengahan 1970-an.

Setelah restorasi, kastil dibuka kembali sebagai taman nasional pada tahun 1992. Kastil ini ditetapkan sebagai situs Warisan Dunia pada tahun 2000. Selain aula utama, aula utara dan selatan telah hancur, kata NHK.

AYO BACA : Bandung Baheula: Secuil Sejarah Pahit di De Majestic

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers