web analytics
  

Siapa Lebih Sulit Lepas dari Rokok, Perempuan atau Pria?

Rabu, 30 Oktober 2019 15:19 WIB
Gaya Hidup - Sehat, Siapa Lebih Sulit Lepas dari Rokok, Perempuan atau Pria?, bahaya rokok, perokok perempuan, perempuan merokok, rokok

Ilustrasi (pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM--Merokok merupakan kebiasaan yang cukup sulit untuk ditinggalkan oleh perokok. Hal ini bisa terasa lebih sulit lagi bila dilakukan oleh perokok perempuan.

Hal ini diungkapkan dalam sebuah studi yang melibatkan lebih dari 200 pasien di St Michael's Hospital, Toronto. Sepertiga dari partisipan dengan rerata usia 56 tahun ini merupakan perempuan. Temuan terbaru ini telah dipresentasikan pada Canadian Cardiovascular Congress di Montreal.

AYO BACA : Kardigan Bolong Kurt Cobain Terjual Rp4,6 Miliar

Para pasien yang menjadi partisipan rata-rata merokok 18 batang rokok per hari selama 37 tahun. Dua per tiga dari pasien tersebut telah memiliki kondisi dislipidemia, di mana kadar lipid di dalam darah mereka tinggi.

Selain itu, hampir dua per tiga dari para pasien yang terlibat dalam studi ini juga menderita tekanan darah tinggi. Nyaris setengah dari para pasien juga diketahui menderita penyakit jantung.

AYO BACA : Bisa Ditiru, Ini Cara MAN 2 Bandung Bebaskan Siswa dari Jerat Rokok

"Berhenti merokok merupakan faktor risiko yang bisa diubah yang paling signifikan untuk mencegah penyakit jantung pada perempuan," jelas peneliti senior dari University of Toronto Dr Beth Abramson seperti dilansir US News, Rabu (30/10).

Setelah enam bulan studi dilakukan, sebanyak 58 partisipan atau sekitar 25 persen dari pasien yang terlibat berhasil berhenti merokok. Sedangkan sebanyak 68 partisipan atau sekitar 29 persen pasien yang terlibat dalam studi berhasil mengurangi jumlah rokok per hari lebih dari setengah kebiasaan mereka.

Ada beberapa faktor yang turut mempengaruhi kemungkinan keberhasilan perokok untuk berhenti merokok. Faktor tersebut meliputi rutinitas kunjungan ke klinik, penggunaan obat dengan resep dokter seperti varenicline (Chantix), serta jenis kelamin dan juga kemampuan finansial perokok untuk mengakses terapi berhenti merokok.

AYO BACA : IDI: Rokok adalah Penyebab Utama Stroke

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Rizma Riyandi
dewanpers