web analytics
  

Uji Coba Sistem 2-1 di Jalur Puncak Tahap 2 Ditunda

Selasa, 29 Oktober 2019 13:31 WIB
Umum - Regional, Uji Coba Sistem 2-1 di Jalur Puncak Tahap 2 Ditunda, Uji Coba, Sistem 2-1, Jalur Puncak, 2, Ditunda,

Polisi mengembalikan sistem satu arah jalur puncak saat uji coba sistem kanalisasi 2:1 di Jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/10/2019). (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

BOGOR, AYOBANDUNG.COM – Uji coba sistem 2-1 tahap 2 di jalur puncak dari Simpang Gadog hingga Taman Safari Indonesia (TSI) ditunda. Sedianya uji coba kedua akan dilakukan pada 3 November 2019.

Untuk uji coba pertama di jalur tersebut selesai dilaksanakan pada Minggu (27/10/2019).

AYO BACA : Taman Safari Indonesia Dukung Sistem Kanalisasi 2-1 di Jalur Puncak

Jelang uji coba kedua, Kepolisian Resor Bogor menyatakan masih banyak yang perlu dievaluasi dan dipersiapkan. Kapolres Bogor AKBP Muhammad Joni menyatakan pelaksanaan uji coba kedua telah ditunda.

"Kita tunda dulu sampai dengan kegiatan perbaikan badan jalan dan marka-markanya sudah selesai semua," kata Joni, dikutip Republika.co.id, Selasa (29/10/2019).

AYO BACA : Ini 3 Catatan Ade Yasin untuk Sistem Kanalisasi 1-2 di Jalur Puncak

Dari hasil uji coba pertama, Joni menilai masih banyak sejumlah permasalahan yang dihadapi. Terutama, jelas dia, lajur 2-1 belum dapat diterapkan di sejumlah titik seperti di Selarong, Megamendung, Pasar Cisarua, TSI Indonesia.

Penyempitan jalan juga mengakibatkan pengondisian lajur memakan waktu. Apalagi, Joni mengatakan, pemindahan traffic corn yang tadinya digunakan untuk lajur atas dirubah menjadi lajur bawah dan sebaliknya.

"Namun, kalau dalam keadaan macet kemaren, itu lebih sulit lagi. Masih penuh kendaraan, traffic cone dipindahkan ke arah sebelahnya," ujarnya.

Joni mengatakan, masih banyak pejalan kaki yang lalu lalang melakukan aktivitas penyebrangan, seperti di Pasar Cisarua. Sehingga, kendaran harus berhenti untuk menunggu.

"Dalam setengah jam saja asumsinya misalkan ada 100 orang yang menyeberang maka hambatan terhadap mobil yang ada di belakangnya itu akan menimbulkan hambatan sekian menit," katanya.

AYO BACA : Kanalisasi Belum Berhasil, Polisi Kembali Berlakukan Satu Jalur di Puncak

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers