web analytics
  

[Lipkhas] Sambut Piala Dunia U-20, Persib Dukung Stadion Berstandar FIFA

Selasa, 29 Oktober 2019 10:55 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Bandung Raya - Bandung, [Lipkhas] Sambut Piala Dunia U-20, Persib Dukung Stadion Berstandar FIFA, Piala Dunia u-20, Stadion GBLA, Gelora Bandung Lautan Api, robert albert, persib, berita bandung, ayobandung, bandung hari ini

Kondisi sejumlah fasilitas yang rusak di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage, Kota Bandung, Rabu (17/7/2019). (Ayobandung.com/Muhammad Dzikri/Magang)

GEDEBAGE, AYOBANDUNG.COM -- Pelatih Persib Bandung Robert Alberts menyambut positif keputusan FIFA menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Menurut Robert, kepercayaan FIFA terhadap Indonesia akan berimplikasi positif terhadap kemajuan penyediaan sarana stadion maupun lapangan di Indonesia.

Robert juga mengapresiasi langkah PSSI yang berhasil memenangkan bidding tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Pelatih asal Belanda itu menilai akan ada banyak efek yang akan terjadi.

Semisal, perkembangan sepak bola Indonesia, baik dari progres pemain muda, hingga sarana, dan prasarananya. Robert mencontohkan kemajuan sepak bola Malaysia setelah menghelat Piala Dunia U-20.

Robert menyebut, untuk event bergengsi tersebut Malaysia memperbaiki stadion untuk berstandar FIFA. Diketahui, Malaysia pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 1997.

AYO BACA : [Lipkhas] Tak Jadi Stadion Piala Dunia U-20, Apa yang Perlu Dibenahi GBLA?

"Bagus. Kita pernah lihat Malaysia jadi tuan rumah U-20 juga. Dan yang Malaysia lakukan adalah upgrade seluruh stadion secara besar-besaran seperti standar FIFA dan itu positif," ungkap Robert,  Jumat (25/10/2019).

Namun, Robert menambahkan, hal besar lainnya yang harus diperhatikan adalah perawatan stadion setelah turnamen berlangsung. Robert mengakui, ada hal positif ketika suatu negara mendapatkan kepercayaan menjadi tuan rumah Piala Dunia. 

Akan tetapi, lanjut Robert hal yang jadi pekerjaan rumah sebenarnya adalah bagaimana merawat standar stadion itu untuk terus sesuai standar FIFA.

"Tapi yang jadi hal besar adalah setelahnya. Banyak hal yang sangat positif yang bisa terjadi dengan jadi tuan rumah World Cup event. Tapi hal yang lebih positif juga harus lihat ke depan bahwa setelahnya, fasilitas itu terus dijaga sesuai dengan aturan FIFA," kata Robert.

AYO BACA : [Lipkhas] Stadion GBLA yang 'Terlupakan' untuk Piala Dunia U-20

Pelatih asal Belanda itu mengingatkan bahwa perawatan stadion setelah perhelatan besar adalah penting. Jika perawatan terus dilakukan, tidak mustahil Indonesia bakal memiliki banyak stadion berstandar FIFA.

"Karena itu akan jadi hal yang sangat sangat bagus. Kita tahu banyak stadion yang punya lapangan yang bagus dan fasilitas bagus. Dan itu saya rasa jadi hal yang bagus," ujarnya.

Diketahui, FIFA akhirnya menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 dalam council meeting di Shanghai, Kamis (24/10/2019). Dalam bidding tersebut, Indonesia berhasil mengalahkan Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain, Myanmar, Thailand, Brasil, serta Peru.

Untuk menunjang perhelatan Piala Dunia U-20 2021, PSSI telah menyiapkan 10 stadion, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Pakansari (Kabupaten Bogor), Stadion Patriot Candrabhaga (Bekasi), Stadion Wibawa Mukti (Kabupaten Bekasi), Stadion Si Jalak Harupat (Kabupaten Bandung).

Selain itu, ada juga Stadion Mandala Krida (Yogyakarta), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali), dan Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (Palembang).

AYO BACA : Persiapan Piala Dunia U-20, 4 Stadion di Jabar Akan Berstandar FIFA

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers