web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Taman Safari Indonesia Dukung Sistem Kanalisasi 2-1 di Jalur Puncak

Senin, 28 Oktober 2019 19:51 WIB Husnul Khatimah

Direktur Taman Safari Indonesia Jansen Manangsang. (Ayobogor.com/Husnul Khatimah)

BOGOR, AYOBANDUNG.COM -- Uji coba kanalisasi 2-1 kendaraan di jalur Puncak, Kabupaten Bogor, direspon baik oleh pengusaha wisata, salah satunya Taman Safari Indonesia.

Direktur Taman Safari Indonesia Jansen Manangsang mengatakan, dengan diberlakukannya kanalisasasi 2:1 wisatawan bisa melewati jalur puncak setiap saat.

AYO BACA : Ini 3 Catatan Ade Yasin untuk Sistem Kanalisasi 1-2 di Jalur Puncak

"Untuk wisata saya kira baik. Ini (wisatawan) bisa terus jalan dan bisa mampir ke warung-warung atau ke restoran," ujar Jansen, Senin (28/10/2019).
Dia mengatakan dalam uji coba kemarin pihaknya juga ikut mendukung terlaksananya kanalisasi tersebut dengan cara mengkoordinasikan program ini kepada pelaku wisata lainnya seperti hotel, restoran, dan lokasi-lokasi wisata.

Dalam koordinasi yang dilakukan, para pelaku wisata di jalur puncak itu kemudian bersepakat untuk membentuk polisi lingkungan warga (polingga) yang bertugas membantu kelancaran kanalisasi.

AYO BACA : Kanalisasi Belum Berhasil, Polisi Kembali Berlakukan Satu Jalur di Puncak

"Tiap tikungan, pasar kita adakan itu polingga, polisi lingkungan warga, dengan cara kita ajak warga dan warga senang ikut terlibat," kata Jansen.

Sementara itu, Kapolres Bogor AKBP Mohammad Joni mengatakan kanalisasi dinilai belum maksimal sebab saat diuji coba masih terdapat sejumlah hambatan. Hambatan itu di antaranya adalah adanya titik penyempitan jalan yang tidak bisa dilewati 3 lajur dan tidak adanya marka jalan.

Melihat masih adanya sejumlah kendala yang dialami saat uji coba, maka pihaknya berencana menunda uji coba kanalisasi selanjutnya yang semulanya direncanakan digelar 3 November mendatang.

"Ya, berdasarkan evaluasi kemarin, uji coba kedua sementara diundur sampai kondisi badan jalan sudah layak, baik itu lebarnya maupun marka jalannya," kata Joni.

AYO BACA : Bogor Sabet 4 Penghargaan di Pekan Kerajinan Jabar

Editor: Fira Nursyabani

artikel lainnya

dewanpers