web analytics
  

6 Cara Hilangkan Stres Tanpa Liburan

Senin, 28 Oktober 2019 16:14 WIB
Gaya Hidup - Sehat, 6 Cara Hilangkan Stres Tanpa Liburan, stres, gaya hidup, menghilangkan stres, melepas stres

Ilustrasi (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Hampir setiap orang mengalami stres. Hanya saja tingkat stres yang dirasakan setiap individu berbeda-beda. Stres yang berdampak pada kesehatan mental pada dasarnya bisa diatasi.

Laman The Ladders menyebutkan, Senin (28/10), liburan bukan satu- satunya jalan untuk menghilangkan stres. Kesehatan mental bisa dijaga dan ditingkatkan hanya dengan beristirahat sejenak dari hal yang dirasa membebani pikiran.

1. Jauhi gadget

Usahakan ada waktu menjauh dari semua perangkat internet, termasuk ponsel. Lebih baik lagi, aktifkan mode pesawat dan matikan Wi-Fi sehingga tidak ada pesan atau panggilan masuk. Selamat tinggal, dunia maya!

Alih-alih menatap layar Anda dan menunggu pesan berikutnya datang, nikmati sekeliling Anda, di mana pun Anda berada. Sedangkan untuk email, Anda dapat mengatur email di luar kantor agar orang tahu Anda akan membalas email mereka saat Anda kembali.

2. Meringankan beban kerja Anda sebelumnya

Cobalah untuk menyelesaikan sebanyak mungkin pekerjaan sebelum Anda pergi liburan atau istirahat. Jadi Anda tidak perlu menghabiskan waktu luang Anda dengan takut mengejar ketinggalan ketika kembali bekerja.

Tetap teratur dan termotivasi dengan daftar tugas, menguraikan tugas-tugas Anda seminggu sebelum Anda pergi sehingga Anda punya banyak waktu untuk menyelesaikannya.

3. Jelajahi tempat baru

Anda tidak perlu pergi jauh untuk melihat tempat baru. Pasti ada banyak tempat yang belum pernah Anda jelajahi tepat di kota asal Anda, atau kota terdekat. Minta rekomendasi teman, keluarga, dan rekan kerja.

4. Manjakan diri Anda

Saat Anda berlibur, Anda cenderung memanjakan diri. Ini bisa menjadi sesuatu yang sederhana seperti tidur lama atau membuat reservasi di restoran yang bagus. Pesanlah makanan penutup yang enak. Anda juga dapat menikmati pijat, perawatan wajah atau sekedar mandi berendam dengan minyak aromaterapi.

5. Keluar dari zona nyaman

Perjalanan sering memaksa kita untuk keluar dari zona nyaman kita dengan menempatkan kita di tempat yang tidak kita kenal. Jadi mengapa tidak mencoba sesuatu yang sama sekali baru?

Anda dapat mencoba mempelajari bahasa baru meskipun itu mungkin tidak langsung perlu. Anda juga dapat pergi ke restoran yang memiliki jenis makanan yang belum pernah Anda coba. Pesan sesuatu di menu yang sepenuhnya tidak biasa dan baru bagi Anda.

6. Mencoba mempelajari budaya

Sebagian besar perjalanan adalah masuk ke budaya yang berbeda, bukan?  Manfaatkan kesempatan ini untuk menjelajahi budaya yang ada di sekitar Anda, di mana pun Anda berada.  Lihatlah museum di daerah Anda, lihat pertunjukan musik di teater komunitas, atau dengarkan musik live di bar. Meskipun Anda tidak berada di negeri asing, lihatlah sekeliling dan Anda mungkin akan terkejut dengan budaya lokal yang kaya yang dapat Anda temukan.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Rizma Riyandi

artikel terkait

dewanpers