web analytics
  

Jika Didiagnosis Kanker Payudara, Apakah Harus Diangkat?

Senin, 28 Oktober 2019 14:43 WIB
Gaya Hidup - Sehat, Jika Didiagnosis Kanker Payudara, Apakah Harus Diangkat?, Didiagnosis, Kanker, Payudara, Apakah, Harus, Diangkat,

Ilustrasi -- tidak semua pasien kanker payudara harus diangkat payudaranya. (Pixabay/marijana1)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Pakar mengatakan, tidak semua pasien kanker payudara harus diangkat payudaranya. Jika tahap kanker payudara masih masuk kategori stadium awal I dan II, kanker masih bisa dihilangkan tanpa harus mengangkat payudara.

AYO BACA : Perempuan, Ukurlah Bra Setiap 6 Bulan, Ini Alasannya

"Banyak juga stadium II dipertahankan payudaranya. Sehingga jangan takut bahwa kanker payudara akan kehilangan payudara itu tidak. Padahal stadium dini kami masih bisa untuk mempertahankan payudara dengan baik," ujar Dr. dr. Denni Joko Purwanto SpB(K)Onk, MM selaku pakar Bedah Onkologi dalam acara Breast Cancer Awareness di RS Kanker Dharmais di Jakarta Barat, Senin (28/10/2019).

AYO BACA : Galaktorea, Keluar Cairan dari Payudara yang Bisa Dialami Pria

Denni menjelaskan, pengobatan kanker payudara bukan hanya masektomi, ada juga breast cancer surgery recovery dan biopsi ketika pada stadium awal kanker belum menyebar sehingga payudara tidak perlu diangkat. Di sinilah pentingnya deteksi dini karena akan semakin meningkatkan harapan hidup hingga 90% bisa sembuh.

"Memang pengobatan kanker payudara tidak hanya masektomi. Bahkan fungsinya pun estetika (penampilan), maupun menyusui kami perbaiki sebaik mungkin," jelas dr. Denni.

"Yang namanya kanker adalah penyakit kronis, tentu yang dikatakan sembuh itu adalah terkendali. Tapi memang kesembuhan kanker payudara ini kalau stadium I stasium II, hampir 90% sembuh," sambungnya.

Masektomi biasanya dilakukan untuk kanker payudara stadium III. Sementara itu, pada stadium I dan II bisa dilakukan breast cancer surgery recovery, kanker diangkat, setelahnya bila perlu dilakukan rekonstruksi payudara.

AYO BACA : Tak Hanya Wanita, Pria Juga Perlu Periksa Payudara Sendiri

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers