web analytics
  

Panas Ekstrem, Warga Bekasi Rebus Telur dan Goreng Kerupuk

Jumat, 25 Oktober 2019 18:20 WIB Firda Puri Agustine

Percobaan merebus telur di bawah sinar matahari dengan suhu 37 derajat celcius di Bekasi. (Ayobekasi.net/Sumber Tuti Rawati)

BEKASI, AYOBANDUNG.COM -- Cuaca panas Bekasi yang bisa mencapai 38 derajat celcius dimanfaatkan sejumlah ibu rumah tangga bereksperimen memasak langsung di bawah sinar matahari. Hal itu terinspirasi dari seorang ibu di Babelan bernama Sulastri yang menggoreng kerupuk dengan menggunakan cara tersebut.

Kali ini, Tuti Rawati, warga Kampung Cerewed, Bekasi Timur ikut menjajal panasnya matahari Bekasi lewat telur. Menurutnya, kalau kerupuk saja bisa matang, maka telur pun seharusnya bisa. Maka, ibu satu anak itu pun mencobanya saat suhu di Bekasi mencapai 37 derajat celcius, Jumat (25/10/2019) siang.

“Ternyata matang beneran. Tapi, ini pertama-tama airnya mesti didiamkan dulu sekitar jam 11.30 sampai jam 12.30 di bawah matahari, terus baru masukin telurnya, dibiarin aja begitu sampai kira-kira 45 menit sampai sejam,” katanya kepada Ayobekasi.net.

Eksperimen yang dilakukan Sulastri dan Tuti tersebut memang bisa dibuktikan kebenarannya, bahwa Bekasi menghadapi cuaca panas ekstrem. Terlihat dari kerupuk dan telur yang bisa matang jika dibiarkan di bawah matahari langsung.

AYO BACA : Suhu Tembus 39,5 C, Ini 3 Penyebab Cuaca Panas Menurut BMKG

Meski demikian, Tuti tak ingin menjadikan metode itu sebagai rutinitas keseharian karena bagaimanapun memasak menggunakan kompor gas jauh lebih praktis dan hemat waktu. Lagipula, ia pun berharap hujan bisa segera turun di Bekasi.

“Tetap paling enak masak pakai gas ya karena lebih cepat. Kalau di bawah matahari langsung kan suhunya enggak bisa mencapai 100 derajat, otomatis matengnya jauh lebih lama,” ujarnya.

Pendapat senada diungkapkan Rahmawati, ibu rumah tangga yang tinggal di Perumnas 3 Bekasi. Percobaan kerupuk dan telur yang matang di bawah matahari hanya ingin menunjukkan kalau panas di kota ini luar biasa.

“Menurut saya sih bukan buat cari sensasi ya. Penasaran aja sampai segimana sih parahnya cuaca di sini. Saya juga ikut penasaran mau coba goreng kerupuk. Kalau telur pernah coba dan memang matang. Tapi, itu pas suhu Bekasi 37 derajat ke atas,” katanya.

Percobaan Warga Babelan Goreng Kerupuk

AYO BACA : Cuaca Panas Ekstrem, Hati-hati Penyakit dari Nyamuk

Sebelum eksperimen Tuti, seorang warga Bekasi bernama Sulastri Lestari (25) mendadak viral karena membuat video yang berisi tayangan dirinya menggoreng kerupuk di tengah terik matahari Bekasi, di tengah jalan.

Melansir Suara.com, tampak wanita berambut panjang itu hanya menggunakan minyak goreng dalam wajan tanpa menggunakan kompor.

Sulatri mengaku alasannya beraksi menggoreng kerupuk itu untuk menunjukkan bahwa kondisi suhu di Indonesia terutama pada pulau Jawa sudah menembus pada 36 sampai dengan 39 derajat celsius.

"Jadi beberapa hari ini tuh kan panas banget mas, saya iseng-iseng saja coba goreng kerupuk tanpa pakai kompor, cobain ini kan panas banget ya cuacanya, ya pakai terik matahari," kata Sulastri saat ditemui Suara.com di Kampung Wates, Desa Kedung Jaya, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (25/10/2019).

Dia mengaku merekam aksi menggoreng kerupuk di atas aspal diunggahnya ke dunia maya pada Rabu (23/10/2019) sekitar pukul 14.00 WIB.

Dia pun mengaku hanya iseng memanfaatkan terik matahari untuk menggoreng kerupuk di tengah jalan. Sulastri pun mendiamkan beberapa jam untuk bisa memasak kerupuk hingga cukup matang.

"Nah kerupuknya mateng, meski enggak mateng-mateng banget tapi kerupuk itu merekah mas. Ini kan tandanya panas banget yah," cerita Lestari.

AYO BACA : Suhu Panas hingga 39,6 Celsius Masih Terjadi Sepekan ke Depan

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

artikel lainnya

dewanpers