web analytics
  
Banner Kemerdekaan

GoJek Latih 60 Driver Bandung Lakukan Pelayanan Prima

Kamis, 24 Oktober 2019 17:45 WIB Nur Khansa Ranawati

Sebanyak 60 mitra pengemudi GoJek mengikuti kegiatan Bengkel Belajar Mitra (BBM) GoJek tentang pelayanan prima di Beehive Cafe Dago, Kamis (24/10/2019). (Ayobandung.com/Nur Khansa)

COBLONG, AYOBANDUNG.COM -- Sebanyak 60 pengemudi GoJek di Kota Bandung mengikuti pelatihan pelayanan prima yang diselenggarakan oleh GoJek Indonesia bekerja sama dengan Worldwide Quality Assurance (WQA APAC) di Beehive Cafe Dago, Kamis (24/10/2019).

Pelatihan tersebut merupakan salah satu rangkaian acara dari program kelas pelatihan bagi mitra GoJek, yakni Bengkel Belajar Mitra (BBM).

Head Regional Corporate Affairs Gojek Wildan Kesuma mengatakan, salah satu hal yang menjadi tujuan pelatihan tersebut adalah agar para pengemudi mitra GoJek dapat memahami kebutuhan dan harapan pelanggan dengan lebih maksimal.

Dalam kesempatan tersebut, Wildan mengatakan, para pengemudi mempelajari pelayanan prima dalam empat tahapan.

"Para mitra belajar mengenai empat tahapan pelayanan, yaitu persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan perbaikan. Harapannya agar kedepannya para mitra kami bisa diapresiasi lebih baik oleh pelanggan karena pelayanannya prima yang mereka berikan,” ungkapnya ketika ditemui selepas acara.

Hal yang termasuk dalam tahap persiapan, Wildan menyebutkan, adalah aspek kendaraan, pengemudi, dan peralatan. Dalam tahap tersebut, para pengemudi harus senantiasa dapat memastikan baik kendaraan maupun kondisi fisik masing-masing berada dalam keadaan prima.

"Aspek kedua adalah peralatan. Di sini mitra driver harus memastikan selalu membawa helm, menggunakan atribut Gojek, kartu tol, power bank dan peralatan lainnya yang diperlukan,” ungkapnya.

Sementara itu, tahapan pelayanan selanjutnya adalah pelaksanaan, meliputi konfirmasi kesuaian pemesanan, kebiasaan untuk memperkenalkan diri pada penumpang dan sebagainya.

"Misalkan mitra diminta untuk mengantarkan pesanan barang atau makanan maka jagalah barang atau makanan tersebut dengan baik hingga selesai diantarkan," jelasnya.

Sedangkan dua tahapan terakhir yaitu evaluasi diri dan perbaikan. Aspek tersebut dinilai penting untuk dilakukan agar pelayanan mitra pengemudi dapat senantiasa sesuai dengan harapan konsumen.

Nantinya, mitra pengemudi yang dapat secara konsisten menerapkan pelayanan prima, bahkan dengan menambahkan berbagai inisiatif lain yang berorientasi pada kepuasan pelanggan, maka mereka berkesempatan untuk meraih predikat "Driver Jempolan" sekaligus mendapat hadiah apresiasi.

Wildan mengatakan, program BBM tersebut saat ini telah diselenggarakan di beberapa kota besar di Indonesia meliputi Medan, Makassar, Jakarta, dan Kota Bandung.

Program yang terselenggara sejak Oktober 2018 ini telah melatih hingga 2.000-an mitra pengemudi yang merupakan perwakilan dari berbagai komunitas pengemudi GoJek yang ada di kota-kota tersebut.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers