web analytics
  

3 Jam Berkobar, Kebakaran Pipa Pertamina di Cimahi Akhirnya Padam

Selasa, 22 Oktober 2019 19:07 WIB Tri Junari

Petugas pemadam kebakaran melakukan pemadaman ketika api membakar pipa minyak milik PT Pertamina di Melong, Kota Cimahi, Selasa (22/10/2019). (Ayobandung.com/Kavin Faza)

CIMAHI SELATAN, AYOBANDUNG.COM -- Kebakaran pipa Pertamina pada area proyek PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) di Kampung Mancong, RT 02/01, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Selasa (22/10/2019) pukul 14.20 WIB akhirnya padam.

AYO BACA : Kebakaran Pipa Pertamina Diduga Akibat Tancapan Benda Keras

Komandan Regu (Danru) I Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Cimahi Indrahadi mengatakan, butuh tiga jam petugas damkar memadamkan api. Total sebanyak 11 unit mobil pancar, 3 rescue, 1 unit mobil komando, dan 1 unit mobil quick response diturunkan ke lokasi kejadian. 

AYO BACA : Sempat Ditutup Akibat Ledakan, Purbaleunyi Arah Jakarta Kembali Dibuka

Kencangnya angin menambah luasan api pada bocornya pipa yang terbakar memerlukan penanganan ekstra dari sekitar 40 petugas damkar yang berjibaku menyekat luasan api. Selain itu, pemadam kebakaran dari Pertamina pun tiba di lokasi dan membawa cairan khusus berupa AFF foam (busa) atau teepol.

"Pemadam kebakaran Pertamina ada cairan khusus aff foam atau cairan teepol ini untuk memadamkan api berasal dari minyak," katanya. 

Sebelum itu, damkar juga meminta arus distribusi BBM pada pipa ditutup dan menunggu sisa BBM dalam pipa habis. Setelah dilakukan penyemprotan cairan kimia, api berangsur mengecil dan padam sekira jam 17.35 WIB. 

"Sekitar jam 17.35 WIB api dinyatakan padam," ujar dia. 

AYO BACA : Ledakan Pipa Pertamina di Cimahi, Seorang Pekerja Tewas

Editor: Fira Nursyabani

artikel lainnya

dewanpers