web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Selain Sulli, 3 Aktris Korea Ini Juga Tewas Bunuh Diri

Selasa, 15 Oktober 2019 08:21 WIB Firda Puri Agustine

Bintang K-Pop Sulli, mantan anggota grup f(x) yang ditemukan meninggal dunia di kediamannya, Senin (14/10/2019). (Instagram/@jelly_jilli)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Kabar kematian mantan personel girlband Korea Selatan f(x) Choi Jin-ri atau yang lebih dikenal Sulli menggemparkan jagad maya, Senin (14/10/2019). Artis 25 tahun itu ditemukan tewas gantung diri di kediamannya di Sujeong-gu, Seongnam, Gyeonggi.

Seperti dilansir Yonhap, Sulli diduga mengalami depresi semasa hidup. Dalam sebuah acara, ia mencurahkan isi hatinya yang selama ini pura-pura bahagia. “Saya seringkali membohongi semua orang dengan pura-pura bahagia,” katanya.

Selain Sulli, ada tiga artis korea yang juga memilih mengakhiri hidup dengan bunuh diri di tengah popularitasnya. Siapa saja mereka?

1. Lee Eun Joo

Lee Eun Joo merupakan artis yang membintangi film-film hits seperti "Taegukgi" dan "The Scarlet Letter". Dia bunuh diri dengan cara memotong nadinya sendiri pada 22 Februari 2005 di usia 24 tahun. Lee sempat dihantui perasaan bersalah karena telah melakukan adegan tanpa busana di film "The Scarlet Letter".

AYO BACA : Unggahan Terakhir Sulli eks f(x) Sebelum Meninggal

2. Kim Yu-ri

Supermodel cantik asal Korea ini bunuh diri dengan menenggak racun pada 19 April 2011. Dia sempat dilarikan ke rumah sakit, namun tidak tertolong. Kim diduga mengalami depresi akut yang tidak bisa diatasinya.

3. Jang Ja Yeon

Jang Ja Yeon merupakan artis yang berperan sebagai Sunny dalam serial "Boys Before Flowers". Ia ditemukan tewas bunuh diri pada 7 Maret 2009. Yeon mengalami depresi lantaran pelecehan seksual agar bisa menjadi terkenal.

Gejala depresi yang dirasakan pada aktris Korea tersebut bisa saja terjadi pada semua orang. Dokter spesialis kedokteran jiwa dari RSUP Fatmawati Jakarta, dr Dian Pitawati Sp.KJ menganjurkan masyarakat untuk mencegah sesegera mungkin orang yang ingin bunuh diri. Pencegahan bisa dilakukan dengan mengenali tanda-tandanya.

AYO BACA : Ditemukan Tewas, Ini 5 Fakta Sulli eks f(x)

Ia mengatakan orang yang memiliki keinginan bunuh diri diawali dengan perubahan sikap secara drastis yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

"Sebenarnya mudah. Lihat teman kita yang sudah ada perubahan 'mood', cenderung sedih, sering menangis, menarik diri, mudah marah, agresivitas yang belum pernah kita lihat sebelumnya," katanya, Senin (9/9/2019).

Selain itu, kata dia, perhatikan pula ide-ide lain yang berkaitan dengan bunuh diri atau keputusasaan seperti lebih senang memegang pisau, atau menulis surat dan pesan-pesan yang sifatnya putus asa dan lain-lain.

Sebagai seorang teman atau keluarga yang paling dekat dengan seseorang seperti demikian, kata dia, hendaknya jangan menuduh orang tersebut kurang keimanan dan menyuruhnya untuk beribadah lebih giat dan rajin lagi.

Dian menjelaskan, hal yang harus dilakukan adalah mendampinginya dan mendengarkan keluhannya untuk mengurangi beban orang tersebut hingga depresinya berkurang. "Jika masalah yang dihadapi cukup berat, sebaiknya ditemani untuk datang ke tenaga medis agar mendapat penanganan segera," katanya

Ia tidak menampik bahwa di era teknologi ini seseorang yang tengah depresi juga memungkinkan untuk menyuarakan isi hatinya di media sosial.

Jika melihat kondisi seperti demikian, ia menyarankan agar warganet yang mengetahui hal tersebut memberikan informasi mengenai lembaga atau organisasi yang memberikan perhatian khusus terhadap kesehatan jiwa.

"Hotline maupun LSM yang peduli terhadap kesehatan jiwa sudah ada banyak seperti Peduli Remaja Indonesia, Into The Light, dan lain-lain," ujar Dian.

AYO BACA : Sulli eks f(x) Ditemukan Tewas di Rumahnya, Diduga Bunuh Diri

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers