web analytics
  

Masyarakat Diminta Waspada Bencana Jelang Musim Hujan

Rabu, 9 Oktober 2019 19:07 WIB Faqih Rohman Syafei

Hujan guyur Kota Bandung. (Faqih Rohman Syafei/Ayobandung.com)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM--Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung mengimbau warga Kota Bandung untuk selalu waspada terhadap sejumlah potensi bencana jelang musim penghujan.

Kadiskar PB Kota Bandung, Dadang Iriana mengatakan pada musim penghujan Kota Bandung sangat rawan terjadinya banjir, bahkan di beberapa wilayahnya berpotensi longsor.

AYO BACA : BMKG: Waspada Hujan Deras dan Puting Beliung Selama Pancaroba

Sambungnya, selain meminta warga untuk selalu menghadapi sejumlah potensi bencana. Diskar PB Kota Bandung pun telah berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk mengantisipasi dengan berbagai upaya pencegahan.

"Kami berkoordinasi dengan aparat kewilayahan diantaranya Danramil, Kapolsek sebagai upaya persiapan menghadapi musim hujan,”ujarnya, Rabu (9/10/2019).

AYO BACA : Hadapi Musim Hujan, Bandung Akan Keruk Sampah dan Sedimentasi

Dadang menyebutkan wilayah yang tergolong rawan longsor dan banjir diantaranya daerah Punclut, Ujungberung dan Cicaheum. Sehingga masyarakat sekitar sejak dini harus sudah mulai mengantisipasi dengan membersihkan lingkungan sekitar khususnya sungai. 

"Aliran sungai kita itu kecil tetapu debit airnya besar. Jika tidak terbendung dan bisa jebol. Masyarakat pun harus memiliki rasa empati terhadap lingkungannya," katanya.

Dia menambahkan saat ini, Pemerintah Kota Bandung tengah fokus pada pembenahan wilayah sekitar sungai dengan mengangkat sedimentasi sungai. Sehingga dapat meminimalisir meluapnya air sungai.

AYO BACA : Jelang Musim Hujan, Warga Harus 'CERDIK'

Editor: Dadi Haryadi

artikel lainnya

dewanpers