web analytics
  

Walagri, Yoghurt Produk Lokal dari Ujung Berung

Rabu, 9 Oktober 2019 07:52 WIB Andres Fatubun
Bandung Raya - Bandung, Walagri, Yoghurt Produk Lokal dari Ujung Berung, Walagri, Yoghurt, Produk Lokal, UMB, Ujung Berung

Walagri yoghurt terdiri dari enam varian di antaranya lychee, strawberry, original, choco, vanilla, dan sweet ori.

CIBIRU, AYOBANDUNG.COM -- Walagri merupakan salah satu produk binaan dari Prodi Biotekhnologi Universitas Muhammadiyah Bandung (UMB).

Manager unit bisnis di Prodi Biotek UMB, Lutfiah Hastiani Muharam, menuturkan bahwa produknya ini harus bernilaikan tiga aspek yang disebut catur darma.

ayobandung-dukung-umkm-1

“Saat ini memang kita pemasarannya belum mencakup pasar diluar jadi cuman baru sekitar kampus saja. Kita sebagai kalangan akademisi tentunya harus memasukan nilai ke dalam proses berjualan. Di antaranya harus ada nilai pendidikannya dimana hasil dari penelitian kami share kepada mahasiswa di kelas. Kemudian harus ada aspek penelitian dimana produk sebelum dipasarkan harus benar-benar sudah diteliti. Nilai ketiga adalah aspek pengabdian dimana kita ingin memberdayakan masyarakat yang memang memiliki sumber daya alam yang melimpah dalam susu sapi,” ungkapnya pada ayobandung saat ditemui beberapa hari yang lalu.

Rencana pemberdayaan masyarakat mengenai produk UMKM ini menyasar salah satu produsen susu yang melimpah di daerah Ujung Berung. Tentu saja sebelum menentukan, Lutfiah bersama rekan kerjanya sudah melakukan observasi mengenai kelayakan produsen tersebut.

“Jadi di Ujung berung itu ada pertenakan sapi yang cukup melimpah menurut saya. Setelah saya lihat memang disana proses pengolahannya hanya sebebatas susu murni saja. Tentu saja saya melihat peluang kenapa tidak dibuat produk yoghurt saja. Selain meningkatkan nilai ekonomis pembuatan yoghurt juga akan membuat produk susu lebih tahan lama,” jelasnya.

Produk yoghurt ini diberi nama Walagri karena ingin menjadi sebuah doa dan mengangkat kearifan lokal juga. Kata walagri berasal dari bahasa Sunda yang berarti sehat walafiat. Jadi Lutfiah berharap agar produk binaanya tersebut tidak hanya sekedar minuman saja tapi bisa meningkatkan taraf kesehatan di masyarakat.

Saat ini pemasarannya masih organik karena hanya pada kalangan kampus saja. Namun setelah bergabung dengan produsen susu di Ujung Berung, pasarnya semakin luas karena diberdayakan oleh masyarakat.

Produk yoghurt Walagri ini memiliki keunikannya yang beda pada yoghurt umumnya, salah satunya teksturnya yang lebih kental. 

“yoghurt yang baik memang harus diinkubasi selama 24-48 jam” tambahnya.

Yoghurt walagri ini pernah diujikan ke hewan mencit. Saat itu mencit dirusak dulu sistem insulinnya. Setelah beberapa kali mendapat terapi yoghurt Walagri ternyata kadar diabetes dalam tubuh mencit itu berangsur membaik.

Selain itu juga Lutfiah menuturkan bahwa gumpalan yang terdapat dalam yoghurt bisa memenuhi kebutuhan susu bagi penderita intoleransi terhadap susu sapi. Bahkan tingkat keasaman kefir dapat mengobati penyakit maag. Selain itu, dari beberapa jurnal yang dibacanya ia mengatakan kandungan probiotik yang terdapat dalam yoghurt akan meningkatkan kecerdasan otak seseorang.

“Hasil dari penelitian yang saya baca bahwa otak kedua manusia itu adalah usus. Jadi ketika asupan yang diterima usus itu baik maka akan berdampak pada kesehatan dan kecerdasan otak manusia,” jelasnya.

yoghurt Walagri terdiri dari enam varian di antaranya lychee, strawberry, original, choco, vanilla, dan sweet ori. 

Semua rasa dibanderol dengan harga Rp10.000.

Nah buat yang mau kepoin bisa langsung liat instagramnya di @walagriofficial. Namun buat yang mau jadi reseller juga bisa kepoin instagramnya di @walagridistributor. (Dias Ashari/magang)

Editor: Andres Fatubun

artikel terkait

dewanpers