web analytics
  

Bertandang ke Madura, Persib Antisipasi Segala Masalah Nonteknis

Selasa, 8 Oktober 2019 14:19 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Persib - Maung Bandung, Bertandang ke Madura, Persib Antisipasi Segala Masalah Nonteknis, persib vs madura united, pelatih persib bandung, robert albaerts, madura united

Pelatih Fisik Persib Bandung, Yaya Sunarya. (ayobandung.com/Eneng Reni)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM--Pelatih Fisik Persib Bandung, Yaya Sunarya, mengatakan sejak jauh-jauh hari skuat Maung Bandung sudah mengantisipasi berbagai hal nonteknis yang bisa menggangu konsentrasi di pertandingan. Salah satunya mengantisipasi gaya kepemimpinan wasit.

Termasuk perbincangan Persib sejak satu pekan sebelum laga berlangsung mengenai wasit Faulur Rosy yang ditunjuk memimpin jalannya pertandingan Madura United vs Persib Bandung di Stadion Gelora Bangkalan, Sabtu (5/10/2019).

AYO BACA : Kacewa 'Dikerjai' Wasit, Persib Tak Semakin Terpuruk

Maklum, jika menurut beberapa pertandingan Persib di Liga 1 2019, Faulur Rosy yang menjadi wasit pada tiga pertandingan Persib, tak satu laga tersebut berhasil dimenangi Maung Bandung.

Sebut saja pada laga pertama pada 18 Agustus 2019, ketika Persib kalah 3-1 dari PSM Makassar. Selanjutnya, pada 18 September 2019, saat Faulur Rosy menjadi wasit untuk duel Persib vs Semen Padang, skor pertandingan berakhir dengan 1-1. Hingga laga teranyar Persib Bandung vs Madura United berakhir dengan skor 2-1 untuk keunggulan Madura United.

AYO BACA : Pelatih Persib Putri Beberkan Kunci Kemenangan di Laga Bersejarah

Menariknya, sepanjang Liga 1 2019, Faulur Rosy juga mewasiti tiga laga Madura United. Bedanya, Madura United memenangi semua laga tersebut. Semisal, pada 4 Juli 2019, Madura United menang 2-0 atas PSM Makassar. Berlanjut, di 1 September 2019, Madura United menang 2-1 melawan Kalteng Putra. Hingga terakhir, Madura United menang 2-1 atas Persib Bandung.

"Itu sudah ngobrol satu minggu sebelumnya, kita sudah bicara. Kita berusaha mengantisipasi dari karakter tim, baik home away, biasanya seperti itu, dan di mana kita main, biasanya seperti itu. Sehingga kita bisa menganalisa, meminimalisir sedini mungkin hal-hal yang tidak terjadi atau tidak terulang lagi," ungkap Yaya.

Karenanya khusu untuk laga kontra Laskar Sapeh Kerrap, Yaya mengaku salah satu cara Maung Bandung untuk mengantisipasinya hal nonteknik yakni dengan menaikan tekanan di daerah pertahanan lawan. Hal ini ditujukan agar Madura United tidak mendapat tendangan bebas di daerah pertahanan Maung Bandung.

"Terutama ketika set piece terjadi, karena mereka mencoba memanfaatkan set piece, baik itu dari free kick, corner kick, beda perlakuannya, karena ketika lawan, Madura, akhirnya yang mendapatkan pressing dari referee. Sebaliknya ketika kita ambil dari setpiece, kita bertahan, mereka udah siap dengan kartu kuning, akhirnya ini terjadi. Yang di khawatir kan oleh kita, mereka pura-pura jatuh, atau ketika kita lakukan hal yang sama dengan melakukan defend set piece (Antisipasi set piece lawan) akhirnya jadi merugikan kita."

"Kita berusaha menaikkan pressure dari pemain itu untuk tetap fokus dan konsentrasi tanpa misalnya Kondisi yang terjadi di lapangan, sehingga kita merasa tidak diuntungkan dengan keputusan keputusan  yang mengganggu kita. Kita sudah membicarakan untuk Antisipasi, ada sedikit yang miss-nya," ujar Yaya.

AYO BACA : Usai Taklukan PSS, Persib Putri Fokus Bidik Kemenangan dari Persija

Editor: Rizma Riyandi

artikel terkait

dewanpers