web analytics
  

Jokowi Berkunjung ke Singapura, Ini yang Akan Dibahas

Senin, 7 Oktober 2019 19:54 WIB Dadi Haryadi
Umum - Nasional, Jokowi Berkunjung ke Singapura, Ini yang Akan Dibahas, Presiden Jokowi, Kunjungan Kerja, Singapura,

Presiden Jokowi. (Antara)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM--Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan kunjungan kerja ke Singapura pada Selasa (8/10/2019) besok. Di sana Jokowi bakal menghadiri pertemuan tahunan pemimpin kedua negara atau Indonesia - Singapore Annual Leader's Retreat.

"InsyaAllah besok presiden akan melakukan kunjungan ke Singapura, dan ini merupakan kunjungan dalam rangka pertemuan tahunan Leader's Retreat," ujar Menteri Luar Negeri Retno P Marsudi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (7/10/2019).

AYO BACA : Jokowi Kembali Masuk Daftar 50 Muslim Paling Berpengaruh

Retno menuturkan, pertemuan kedua negara tersebut untuk menindaklanjuti perkembangan kerja sama yang sudah dilakukan selama setahun.

"Perkembangan dari tahun lalu ke sekarang banyak sekali termasuk apa yang berada di Kendal Industrial Park, dan juga kerja sama di Batam. Saya tidak akan ungkap lebih detail karena akan disampaikan setelah pertemuan dengan PM Singapura besok," kata dia.

AYO BACA : Jokowi dan Paloh Gelar Pertemuan di Singapura

Dalam pertemuan tersebut, Retno menyebut pihak Indonesia dan Singapura akan dibahas masalah investasi, termasuk masalah pendidikan.

"Dan secara konsisten juga pastinya presiden diharapkan membahas mengenai masalah pendidikan vokasi dengan Singapura, karena kita juga sudah memiliki beberapa kerja sama dengan politeknik Singapura mengenai masalah pendidikan vokasi ini," ucap dia.

Ketika ditanya apakah Jokowi dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong juga akan membahas isu melawan terorisme, Retno menjawab diplomatis.

"Tapi kita tidak bisa mencegah leader untuk bicara hal-hal lain tentunya, termasuk hal-hal terkait kontra terorism atau hal lain itu bisa saja muncul di dalam pembicaraan," tandasnya.

AYO BACA : Presiden Jokowi Hadiri Perayaan Hari Nasional Singapura

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers