web analytics
  

Kemenperin Resmikan BUMDes Material Perkakas di Pasirjambu

Senin, 7 Oktober 2019 15:56 WIB Mildan Abdalloh
Bandung Raya - Bandung, Kemenperin Resmikan BUMDes Material Perkakas di Pasirjambu, kemenperin, industri perkakas di bandung, sentra industri perkakas kabupaten bandung, bumdes perkakas pasirjambu

Proses membuat perkakas. (ayobandung.com/Mildan)

PASIRJAMBU, AYOBANDUNG.COM--Kementerian Perindustrian melalui Dirjen Industri Kecil, Menengah dan Aneka meresmikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Maju Abadi, Desa Mekarmaju, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Senin(7/10/2019).

BUMDes tersebut bergerak dalam bidang penyediaan material bahan baku pembuatan perkakas pertanian seperti cangkul.

Direktur Industri Kecil Menengah dan Aneka Kemenperin, Gati Wibawaningsih mengatakan Desa Mekarmaju merupakan daerah perajin perkakas pertanian seperti cangkul, garpu dan lainnya.

Namun selama ini para pelaku IKM perkakas di Desa Mekarmaju kesulitan mendapat bahan baku material untuk membuat perkakas.

AYO BACA : Menjadi Pandai Besi, Harus Belajar Dua Tahun Sampai Baca Doa

"Teman-teman IKM di Mekarmaju ini kesulitan mendapat bahan baku yang continue. Melihat potensinya, kami memfasilitasinya dengan mendirikan material center supaya bahan baku bisa tersedia secara continue," tutur Gati.

Dengan pemenuhan bahan baku yang continue, diharapkan pelaku IKM pembuatan alat pertanian di Desa Mekarmaju bisa mendapat efisiensi baik secara jarak, maupun peningkatan produksi.

"Kalau bahan baku bisa didapat secara continue, akan lebih efisien. Kalau lebih efisien, produksinya akan lebih tinggi," katanya.

Secara teknis Gita mengatakan bahan baku material perkakas akan dikirim oleh perusahaan lain.

AYO BACA : Menengok Pandai Besi di Desa Mekarmaju, Pasirjambu

"Nanti bahan bakunya dikirim ke sini. Di material center ini, bahan baku yang masih berupa plat, akan dipotong. IKM akan membawanya ke sini," ujarnya.

Di material senter, juga terdapat mesin embos atau alat pencetak logo SNI timbul.

Gati menjelaskan, dalam satu tahun kebelakang pihaknya melakukan pendampingan perajin perkakas untuk menghasilkan barang berstandar SNI, sehingga produk yang dihasilkan mempunyai standar tinggi.

"Diembosnya di material center, kalau di perajin alatnya mahal," ucapanya.

Dia berharap dengan pendirian material center, perajin perkakas pertanian di Desa Mekarmaju bisa berkembang.

AYO BACA : Impor Dihentikan, Potensi Pasar Cangkul Sangat Besar

Editor: Rizma Riyandi
dewanpers