web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Jika Berkoalisi, Dua Partai Ini Dinilai Bisa Menangi Pilbup Bandung

Minggu, 6 Oktober 2019 18:53 WIB Mildan Abdalloh

Ilustrasi Pilkada Serentak 2020. (M. Irfan Abiyyudistira/ayobandung.com)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Partai Golkar dan PDI Perjuangan merupakan partai yang mempunyai basis massa yang kuat di Kabupaten Bandung. Pengamat politik Universitas Padjadjaran Adiyana Slamet menilai, jika partai ini berkoalisi maka akan ada peluang besar untuk memenangkan Pemilihan Bupati pada 2020.

Adiyana mengatakan, dari sisi kursi di DPRD, Golkar dan PDIP lebih kuat dan merata dibanding dengan partai lain. Sehingga peluang untuk memenangkan Pilbup cukup besar, walaupun ada beberapa partai besar lain seperti PKS dan Gerindra.

"Kalau Golkar dan PDIP berkoalisi dalam Pilbup Bandung, peluang untuk menangnya cukup besar," tutur Adiyana, Minggu (6/10/2019).

Dari perolehan suara dalam Pileg 2019, kedua partai ini mempunyai basis kuat merata di 31 Kecamatan. Bahkan, kata Adiyana keduanya saling melengkapi. Golkar kuat di wilayah Selatan, Tengah, dan Barat. Sementara PDIP cukup konsisten di timur Kabupaten Bandung.

"Secara konfigurasi nasional, koalisi Gokar dan PDIP cukup kuat juga," ujarnya.

Namun, untuk memenangkan Pilbup, masyarakat juga dinilai perlu memperhatikan figur yang akan diusung menjadi Calon Bupati dan Wakil Bupati. "Figur juga cukup menentukan, baik Golkar maupun PDIP mempunyai kader yang bagus," katanya.

Selain itu, koalisi juga harus dibentuk jauh-jauh hari, sehingga komunikasi politik dan persiapan bisa lebih leluasa dilakukan.

Editor: Fira Nursyabani

artikel lainnya

dewanpers