web analytics
  

Pilkades Serentak di Cianjur Terancam Tanpa Dibiayai APBD

Minggu, 6 Oktober 2019 16:10 WIB Muhammad Ikhsan
Umum - Regional, Pilkades Serentak di Cianjur Terancam Tanpa Dibiayai APBD, Pilkades serentak 2020, pilkades cianjur, berita cianjur, cianjur hari ini, pilkada jabar

Asisten Daerah III Setda Kabupaten Cianjur Budhi Rahayu Thoyib. (Muhammad Ikhsan/ayobandung.com)

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM -- Pelaksanaan pilkades serentak di Kabupaten Cianjur pada Februari tahun depan terancam terselenggara tanpa biaya dari APBD. Asisten Daerah III Setda Kabupaten Cianjur Budhi Rahayu Thoyib menegaskan pilkades akan terlaksana tanpa biaya jika APBDes 2020 tak selesai hingga batas akhir.

AYO BACA : Kabur dari Sukabumi, Pelaku Curanmor Tewas Ditembak Polisi Cianjur

"Kalau memang pembahasan APBDes 2020 tidak rampung sampai Januari tahun depan, maka bantuan APBD kabupaten untuk biaya Pilkades tidak bisa cair," terangnya, Minggu (6/10/2019).

AYO BACA : Dua Bandar Ganja Dibekuk di Dua Lokasi di Cianjur

Mengantisipasi pelaksanaan Pikades tanpa biaya, Budhi sudah menugaskan para camat untuk memantau dan membantu menetapkan APBDes di masing masing desa.

"Sudah saya tugaskan kepada semua camat untuk memantau dan membantu desa di wilayahnya dalam penetapan APBDes harus selesai akhir tahun ini," tegasnya.

Perihal alokasi anggaran APBD untuk pelaksanaan pilkades serentak 2020, Budi belum bisa menyebutkan besarannya. Hal itu karena setiap desa biayanya tidak akan sama jika dihitung berdasarkan jumlah hak pilih. 

"Alokasinya saya kurang begitu hafal. Hanya memang itu (bantuan anggaran) tergantung kepada jumlah hak pilih di setiap desa. Tapi insyaallah semua kebutuhan sesuai usulan dari desa itu akan kita penuhi. Apalagi pada perda-nya, kewajiban pemerintah daerah menanggung biaya pelaksanaan pilkades serentak," kata dia.

AYO BACA : Cegah Aksi Berandal Bermotor, Polres Cianjur Tingkatkan Patroli Malam

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers