web analytics
  

Tips Menghindari Kemacetan di Jalan Jakarta-Supratman

Sabtu, 5 Oktober 2019 19:49 WIB Faqih Rohman Syafei
Bandung Raya - Bandung, Tips Menghindari Kemacetan di Jalan Jakarta-Supratman, Kemacetan jalab jakarta,jalan jakarta,jalan supratman

Ilustrasi: Sejumlah kendaraan melaju di jembatan Pelangi menuju Jalan Jakarta beberapa waktu lalu.(Faqih/ayobandung com)

BATUNUNGGAL, AYOBANDUNG.COM--Kasubdit Gasus Turjawali Polrestabes Bandung, Iptu Pepen memberikan tips kepada pengguna jalan agar tidak terjebak macet di sepanjang Jalan Jakarta Kota Bandung.

Di sekitar Jalan Jakarta - Supratman sedang dilakukan pembangunan flyover

"Mencari alternatif pertama, berangkat lebih pagi atau subuh," ujarnya, Sabtu (5/10/2019).

Pepen mengatakan selain berangkat lebih awal, ada sejumlah jalur alternatif yang dapat dilalui, di antaranya melalui Jalan Kiaracondong - Gatot Subroto, Jalan Soekarno  Hatta - Buah Batu, dan Jalan Surapati - Cicaheum (Suci).

"Jalan tersebut dapat dilalui oleh para penggunan jalan, untuk menghindari macet di Jalan Jakarta," katanya.

Untuk mengatasi kemacetan di sekitar pembangunan flyover Jalan Jakarta - Supratman, pihaknya melakukan pengalihan arus. Pengalihan tersebut dilakukan, hanya sementara waktu jika kemacetan terjadi.

"Dilakukan apabila benar-benar kepadatan terjadi di sepanjang Jalan Jakarta, Antapani, dan Ibrahim Adjie," ucap Pepen.

Rekayasa pun dilakukan di Jalan Supratman lantaran saat ini sebagian jalannya sudah ditutup untuk pengerjaan pembangunan flyover. Selain itu, sebanyak 13 personel kepolisian pun ditempatkan pada titik rawan kemacetan. 

"Namun kaitannya pekerjaan di Jalan Supratman, sudah ada penggalian, buat dua lajur belok ke Jalan Ahmad Yani dan belok kanan. Ke Jalan Supratman bisa lewati Jalan Bengawan, Jalan Sawo, Jalan Nanas, Jalan Mangga maupun Jalan Riau," terangnya. 

"Jalan Bengawan dari atas kita tutup, jadi hanya dibuat satu arah dari bawah ke atas. Itu simulasi rekayasa sementara, dan sifatnya tentantif atau situasional," pungkas Pepen. 

Editor: Adi Ginanjar Maulana
dewanpers