web analytics
  

Fungsi Kontrol dari Parlemen Dikhawatirkan Melemah Karena Hal Ini

Sabtu, 5 Oktober 2019 10:47 WIB

Sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2019-2024 diambil sumpahnya oleh Ketua Mahkamah Agung (MA), M Hatta Ali di Ruang Rapat Paripurna, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019). Sebanyak 575 anggota DPR terpilih dan 136 orang anggota DPD terpilih diambil sumpahnya pada pelantikan tersebut. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/pd)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM—Politikus Partai Keadilan Sejahtera, Handi Riza, mengaku prihatin melihat kondisi politik saat ini. Partai koalisi pemerintah, menurutnya, cenderung sedang membagi kekuasaannya. 

Ia mengatakan, kekuasaan yang terbentuk akhirnya adalah kekuasaan hanya dipegang oleh partai pendukung pemerintah.

AYO BACA : 23 Anggota Korupsi, Peneliti: DPR Belum Miliki Sistem Penutup Korupsi

"Kami khawatir, ke depannya fungsi checks and balances yang seharusnya dilakukan parlemen terhadap pemerintah akan kurang terlihat," ujar Handi Riza saat dibuhubungi Republika.co.id, Sabtu (5/10/2019).

Akibatnya, lanjut Handi, peran dan fungsi parlemen akan semakin lemah. Peran tersebut di antaranya menyusun anggaran, membuat peraturan perundang-undangan, dan melakukan kontrol terhadap pembangunan.

AYO BACA : Puan Maharani: Perppu KPK Belum Ada Kelanjutannya

Ia menambahkan, kondisi ini tidak hanya membahayakan demokrasi bangsa ini, tetapi pembangunannya. Oleh karena itu, Handi menegaskan, PKS tetap akan kritis dan konstruktif kepada pemerintah.

Dengan demikian, ia mengatakan, tetap ada yang melakukan kontrol terhadap pemerintah. Ia juga berharap masih ada partai lain yang tetap menjalankan fungsi dengan baik.

"Kami berharap masih ada partai-partai yang tetap kritis dan konstruktif terhadap jalannya pemerintahan, sehingga fungsi kontrolnya masih tetap berjalan," tutur Handi Riza.

Seluruh kursi ketua di parlemen diisi oleh pendukung pemerintah. Mulai dari ketua DPR RI duduki oleh elite PDI Perjuangan Puan Maharani, ketua MPR RI dijabat politikus Partai Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet). Bahkan, Ketua DPD RI Nyalla Mattalitti merupakan pendukung Presiden Joko Widodo. 

AYO BACA : Anang Hermansyah Harap DPR Terus Suarakan Hak Cipta dan Musik

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers