web analytics
  

Partisipasi Masyarakat dalam Pencalonan Kades Meningkat

Jumat, 4 Oktober 2019 19:59 WIB Mildan Abdalloh

Pilkades. (istimewa)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM--Bupati Bandung Dadang M Naser mengklaim partisipasi masyarakat untuk mencalonkan diri dalam Pilkades meningkat.

Dadang mengatakan partisipasi masyarakat untuk mencalonkan diri dalam Pilkades dilihat dari tidak adanya satu desa di Kabupaten Bandung yang mempunyai calon tunggal.

AYO BACA : Jelang Pilkades, Kesbangpol Bandung Waspadai Konflik di 43 Desa

Dari 199 desa yang menggelar Pilkades serentak, semuanya diisi oleh calon-calon kades, bahkan banyak bakal calon yang gugur saat seleksi.

Partisipasi masyarakat untuk mencalonkan diri dalam Pilkades meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya, tutur Dadang, Jumat (4/10/2019).

AYO BACA : Suami-Istri Bertarung dalam Pilkades Tidak Masalah

Bahkan kata Dadang dari 199 desa yang menggelar Pilkades serentak, hanya satu desa yang diisi oleh dua calon berasal dari satu rumah.

Yang saya tahu, suami melawan istri hanya terjadi di Desa Cikoneng, Kecamatan Ciparay, ucapnya.

Walaupun diindikasikan kurang partisipasi masyarakat untuk mencalonkan di Desa Cikoneng, namun kata Dadang tidak ada aturan yang melarang bagi istri untuk melawam suami dalam Pillades.

Selain itu, calon dari sesama saudara juga dinilai menurun. Kalau lawannya dengan sodaranya ada beberapa, tapi saya kira sekarang yang head to head dengan family sangat sedikit, jadi  peminatnya sangat tinggi sekarang, imbuhnya.

AYO BACA : Pilkades Kabupaten Bandung Rawan Judi

Editor: Dadi Haryadi

artikel lainnya

dewanpers