web analytics
  

Pabrik di Margacinta Terbakar Diduga Akibat Korsleting Listrik

Rabu, 2 Oktober 2019 22:10 WIB Nur Khansa Ranawati
Bandung Raya - Bandung, Pabrik di Margacinta Terbakar Diduga Akibat Korsleting Listrik, Kebakaran di Bandung, Pabrik Farmasi Terbakar, Kebakaran Pabrik Farmasi, Kebakaran di Margacinta,

Petugas Damkar berupaya menjinakan api yang menghanguskan sebuah pabrik farmasi di Jalan Margacinta, Cijaura, Kota Bandung. (Nur Khansa Ranawati/Ayobandung.com)

MARGACINTA, AYOBANDUNG.COM---Kebakaran melanda sebuah pabrik farmasi di Jalan Margacinta, Cijaura, Kota Bandung pada sekitar pukul 18.30, Rabu (2/10/2019). Akibatnya, dua lantai bangunan pabrik seluas 1.500 meter persegi dari total 1,5 hektar hangus terbakar.

Berdasarkan kesaksian petugas keamanan setempat, api awalnya muncul dari lantai dua di gudang injeksi. Api tersebut diduga diakibatkan oleh korsleting listrik AC.

"Kemudian dilaporkan ada ledakan dan api menjalar ke ruangan-ruangan lainnya," ungkap Kepala Dinas Pemadan Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, Dadang Iriana saat ditemui Ayobandung.com di lokasi.

Meski demikian, Dadang mengatakan, kronologis pasti penyebab munculnya hingga saat ini masih diselidiki.

AYO BACA : Pabrik Farmasi di Margacinta Terbakar

"Penyebab pastinya masih diselidiki karena pada saat itu juga sedang ada kegiatan produksi," ungkapnya.

Guna memadamkan api yang menjalar di dua lantai gedung, tim Diskar PB menerjunkan 12 unit pemadaman yang terdiri dari 3 Unit Pancar UPT Timur, 1 Unit Pancar UPT Barat, 1 Unit Komando, 2 Pancar Mako Pusat, 3 Water Tanki Mako Pusat dan 2 Rescue Mako Pusat.

Dadang mengatakan, api berhasil dipadamkan setelah satu jam. Namun, proses pendinginan memerlukan waktu yang cukup lama. Sekitar pukul 21.30, tim damkar mulai meninggalkan lokasi kebakaran.

"Yang dipadamkan itu alat-alat kimia jadi perlu hati-hati," ungkapnya.

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers