web analytics
  

Beralih Ke TPAS Legok Nangka, Sampah Cimahi Dibatasi 250 Ton per Hari

Rabu, 2 Oktober 2019 19:55 WIB Tri Junari
Bandung Raya - Cimahi, Beralih Ke TPAS Legok Nangka, Sampah Cimahi Dibatasi 250 Ton per Hari, TPAS Legok Nangka, DLH Kota Cimahi, Sampah Cimahi,

Sampah. (istimewa)

CIMAHI TENGAH, AYOBANDUNG.COM--Mulai tahun 2023 Pemerintah Kota Cimahi diwajibkan membuang sampah ke Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Legok Nangka, Nagreg Kabupaten Bandung.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat memasang target sampah Cimahi minimal masuk 150 ton sehari dan maksimal 250 ton per hari.

AYO BACA : Hasilkan Listrik, TPPAS Legok Nangka Bisa Jadi Percontohan

Kepala DLH Kota Cimahi, Mochamad Ronny mengatakan, berdasarkan hasil kesepakatan terakhir dengan Pemprov Jawa Barat, mulai 2023 pembuangan sampah yang kini ke TPA Sarimukti Cipatat Kabupaten Bandung Barat beralih ke Legok Nangka.

"Jadi kewajiban kita minimal itu 150 ton, maksimalnya 250 ton per hari sampah yang dibuang ke TPAS Legok Nangka," ungkapnya saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah, Rabu (2/10/2019).

AYO BACA : DLH Cimahi Akan Terapkan Program Pilah Sampah di 40 RW

Menurut dia, dibatasinya pembuangan maksimal sampah ke Legok Nangka 250 ton per hari tak sebanding dengan produksi sampah Kota Cimahi yang mencapai 268 ton per hari.

"Artinya, jika dikalkulasi masih ada sisa sekitar 18 ton sampah yang nantinya akan tersisa," sebutnya.

Pemerintah Kota Cimahi akan berupaya menekan produksi sampah masyarakat dengan terus menggalakam berbagai program pengurangan sampah.

Salah satu solusi untuk penangguulangan sisa sampah itu, lanjut Ronny, ialah pengelolaan sampah sejak di rumah tangga dengan menggalakan program zero waste, yang memang dimulai sejak tahun 2018.

"Kita kurangi sampah, makannya program zero waste harus berhasil. Ini tantangan bagi kita," katanya.

AYO BACA : 174 Petugas Kebersihan Siap Atasi Sampah Lebaran di Cimahi

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers