web analytics
  

Audisi eSports Pertama di Indonesia Hadir di Bandung

Senin, 30 September 2019 11:15 WIB Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Bandung Raya - Bandung, Audisi eSports Pertama di Indonesia Hadir di Bandung, esport, kompetisi esport, kompetisi esport di bandung, bandung

Audisi eSports Pertama di Indonesia Hadir di Bandung. (ayobandung.com/Eneng Reni)

CICENDO, AYOBANDUNG.COM--Dalam upayanya membangun ekosistem eSports, penyedia TV Cable dan Fixed Broadband Cable Internet di Indonesia, First Media menyelenggarakan audisi eSports pertama di Indonesia. Audisi bertajuk First Warriors ini  merupakan audisi pencarian bakat atlet eSports pertama di Indonesia.

Pencarian bakat atlet eSports ini dijaring melalui kompetisi di enam kota besar, yaitu Jakarta, Medan, Batam, Surabaya, Semarang, dan Bandung. Khusus di Kota Kembang digelar di West Atrium Istana Plaza, Bandung, Minggu (29/9/2019).

Presiden Direktur & CEO PT Link Net Tbk (First Media), Marlo Budiman menyampaikan, pihaknya memang mendukung ekosistem eSports. Terlebih Marlo menyampaikan, ekosistem eSports di Indonesia saat ini tengah positif seiring dengan dukungan pemerintah memajukan dunia eSports di Tanah Air.

"Kami terus melakukan berbagai inisiatif untuk ikut membangun ekosistem eSports di Indonesia. Selain menghadirkan produk bagi para pencinta games, seperti paket Game Xpert, kami juga menjadi sponsor acara eSports yang diselenggarakan di berbagai kota. Karenanya, dengan First Warriors, kami hadirkan untuk semakin melengkapi inisiatif dalam mendukung pemerintah memajukan dunia eSports di tanah air," ungkap Marlo di sela audisi.

Hal ini sedianya, selaras dengan momentum perkembangan dunia eSports. Pasalnya Newzoo’s 2019 Global Games Market Report mengungkapkan, industri eSports akan terus bertumbuh, dan Mobile Gaming khususnya melalui smartphone dan tablet akan kembali menjadi segmen paling besar pada tahun 2019 dengan pendapatan mencapai $68,5 miliar atau mencapai 45% dari pasar global games, serta sebanyak 80% atau $54,9 miliar berasal dari smartphone games. bahkan pada tahun 2022, Newzoo memprediksi mobile gaming akan menghasilkan revenue sebesar $95,4 miliar.

"Mobile gaming saat ini sedang mendominasi di dunia dan Free Fire merupakan mobile game popular saat ini. Karenanya kami bermitra dengan Garena untuk membawa Free Fire di season pertama ini. Kami harapkan melalui ajang ini akan melahirkan talenta-talenta muda berbakat yang akan meramaikan dunia eSports Indonesia," katanya.

Marlo melanjutkan, First Warriors yang digelar di enam kota di Indonesia ini terdiri dari kompetisi offline dan online. Untuk kompetisi offline dimulai dari kota Medan (15 September 2019), Surabaya (22 September 2019), dan Jakarta (6 Oktober 2019). Sedangkan untuk kompetisi online dibuka pertama di kota Batam mulai 9 September hingga 13 September 2019, dan dilanjutkan di kota Semarang pada 16 September hingga 20 September 2019. 

Audisi finalis akan berlangsung di High Ground Cafe, PIK, Jakarta, pada 15 Oktober hingga 26 Oktober 2019. Grand Final akan dilakukan di Jakarta bertempat di Mall Taman Anggrek pada 27 Oktober 2019 dan menghadirkan para juri expert di bidangnya, seperti SKYLA, Kapten Liong, Meri Olivia, dan Kulgar (duo).

Marlo menyampaikan, alasan masih mendominasinya kota besar di Pulau Jawa sebagai tempat untuk audisi lantaran berdasarkan Survei APJII yang diluncurkan Maret 2019 menyebutkan, kontribusi pengguna internet di Pulau Jawa menyumbang 55% pengguna internet di seluruh Indonesia. Bahkan Jawa Barat ternyata yang paling tinggi dengan memberikan sumbangan hingga 16,6%. Berikutnya diikuti Jawa Tengah (14,3%), Jawa Timur (13,5%), Banten dan DKI Jakarta (4,7%), dan Yogyakarta (1,5%).

Marlo juga mengakui, Jawa Barat juga menempati posisi pertama dalam jumlah milenial yaitu sebanyak 16,9 juta penduduk berdasarkan data BPS 2018. Melihat potensi ini dan juga melihat penetrasi internet di Jawa Barat yang cukup tinggi, menurut survey APJII mencapai 41%, Jawa Barat khususnya Bandung layak mendapat perhatian.

"Sebagai Kota kreatif Indonesia, Bandung bukan saja layak mendapat perhatian lebih, tetapi harus menjadi kota prioritas ketika inovasi menjadi pilihan. Sama dengan First Warriors yang merupakan inovasi kami untuk memberikan kesempatan bagi talenta-talenta muda menujukkan kemampuannya dan turut mengharumkan nama Indonesia dalam kompetisi eSports di kancah Internasional. Karena itu, kami memilih Bandung menjadi salah satu kota untuk audisi eSports First Warriors,” kata Marlo. 

Bukan hanya itu, melihat animo yang cukup besar di Kota Kembang, Marlo juga menyebutkan keinginan pihaknya untuk terus menghidupkan eSports di Kota Bandung, dan tidak berhenti pada audisi First Warriors saja. Alhasil, Marlo mengaku pihak akan terus melakukan berbagai inisiatif untuk ikut mengembangkan ekosistem eSports di Indonesia, khususnya di Bandung

"Bandung, sebagai sebuah kota kreatif yang dinamis dan inovatif tentu saja butuh talenta-talenta muda yang akan terus mengharumkan nama Kota Bandung, bukan hanya dalam sektor kuliner, wisata, olah raga serta teknologi yang selama ini menonjol di Indonesia, tetapi juga dalam dunia eSports," katanya.

Marlo menjabarkan, registrasi peserta First Warriors dimulai sejak acara peluncuran pada 22 Agustus 2019, yaitu registrasi perorangan melalui online di www.firstwarriors.id. Kompetisi ini direncanakan akan diikuti sekitar 15.000 peserta dengan jumlah pertandingan lebih dari 100 pertandingan.

Usai penjaringan di audisi offline dan online, Marlo mengatakan sebanyak 48 finalis hasil seleksi kompetisi yang menang di setiap kota akan dikarantina untuk dibekali materi dari para ahli dan mentor untuk menjadi tim profesional yang akan bertanding di Grand Final di Jakarta. Total hadiah yang disediakan senilai Rp 1,3 miliar dan satu unit mobil Renault untuk Most Valuable Player(MVP), termasuk dikontrak eksklusif sebagai Official eSports Team First Media yaitu First Raiders. 

"Semoga yang terbaiklah yang akan menang. Kami juga mengharapkan wakil dari Bandung atau bisa dikatakan wakil dari Jawa Barat mampu bertarung dengan baik di Grand Final dan terpilih menjadi bagian dari tim First Raiders," ujarnya.

Editor: Rizma Riyandi

artikel terkait

dewanpers