web analytics
  

Pemkab Purwakarta Ajukan 3 Gerbang Tol Baru

Jumat, 27 September 2019 14:48 WIB Dede Nurhasanudin

Kendaraan terjebak kemacetan saat pemberlakuan

PURWAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta mengusulkan tiga gerbang tol (GT) baru ke pemerintah pusat. Tiga gerbang tol baru yang diusulkan adalah GT di KM 90+400 Tol Cipularang, GT Babakancikao di Jalan Tol Jatiasih-Sadang, dan GT di KM 70 Tol Cipali untuk wilayah Campaka-Cibatu.

"Semuanya masih dalam tahap proses, pengajuan sudah kita serahkan kepada pemerintah pusat, dan saya harap merespon," ungkap Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, Kamis (26/9/2019).

Menurutnya, ketiga tersebut dianggap penting untuk peningkatan roda ekonomi masyarakat di samping daerah zona industri dan tambang.

AYO BACA : 239 Kebakaran Terjadi di Purwakarta Sepanjang 2019

Ia mencontohkan, KM 90 Tol Cipularang di Kecamatan Sukatani masuk dalam zona tambang. Jika penambahan GT baru terealisasi, maka hilir mudik dump truk bermuatan berat di jalur arteri di wilayah tersebut akan berkurang, karena selama ini truk-truk itu masuk melalui GT Jatiluhur.

Ruas jalan tersebut dinilai sangat rawan terjadi kecelakaan karena setiap hari dipadati tonase atau truk bermuatan berat. Atas kondisi itu, banyak masukan dari masyarakat mengenai GT baru di daerah tersebut untuk mempersingkat waktu tiba ke daerah perkotaan.

"Kan akses untuk masuk dan keluar melalui GT Jatiluhur sedangkan tonase kendaraan serta kontur jalannya cukup rawan juga," kata Anne.

AYO BACA : Jalan Rusak Berat di Purwakarta Terbentang hingga 10, 8 Km

Zona industri, kata Anne, juga harus memiliki GT tersendiri sehingga distribusi bisa dilakukan lebih cepat. "Tol Cipali harus ada gerbang tol di daerah Campaka, begitu juga Jakarta-Cikampek (Japek) yang saat ini masih dalam tahap pembangunan," kata dia.

Tak hanya itu, Anne juga mengusulkan nama Jalan Tol Japek diganti nama menjadi Jakarta-Purwakarta (Japur). "Ruasnya antara Jatiasih-Sadang, dan beberapa kali saya baca malah dinamainya Jakarta-Cikampek Selatan, saya harap bisa diganti menjadi Jatiasih-Purwakarta," kata Anne.

Hal tersebut saat ini tengah menjadi perdebatan, khususnya di kalangan masyarakat Purwakarta. Terlebih tol Jakarta-Cikampek diketahui berakhir di wilayah Cikopo, Purwakarta.

"Kan berakhirnya di daerah Purwakarta, harusnya yah Japur," ujar Anne.

AYO BACA : Bupati Purwakarta Usulkan Tol Japek Ganti Nama Jadi Tol Japur

Editor: Fira Nursyabani

artikel lainnya

dewanpers