web analytics
  

50 Anggota DPRD KBB Sedot Anggaran Rp2 Miliar/Bulan

Jumat, 27 September 2019 00:03 WIB Tri Junari
Bandung Raya - Bandung, 50 Anggota DPRD KBB Sedot Anggaran Rp2 Miliar/Bulan, DPRD KBB, Anggaran, Gaji DPRD KBB,

50 anggota DPRD Kabupaten Bandung Barat (KBB) periode 2019-2024. (Tri Junari/Ayobandung.com)

PADALARANG, AYOBANDUNG.COM--Anggaran yang harus disiapkan untuk menggaji 50 anggota DPRD Kabupaten Bandung Barat (KBB) periode 2019-2024 dalam satu bulan cukup fantastis.

Besaran anggaran itu bisa untuk merehab rumah tidak layak huni (rutilahu) atau ruang kelas sekolah rusak yang jumlahnya masih ribuan dan tersebar di berbagai kecamatan di KBB. 

Berdasarkan keterangan dari pihak Sekretariat DPRD KBB, setiap bulan masing-masing anggota dewan membawa pulang gaji sekitar Rp40 juta. Jika dikalikan dengan total 50 anggota DPRD KBB, total uang yang digelontorkan hanya untuk gaji dewan Rp2 miliar perbulan atau Rp120 miliar selama lima tahun menjabat. 

AYO BACA : Rismanto Resmi Jadi Ketua DPRD Bandung Barat Periode 2019-2024

Gaji anggota DPRD KBB sekitar Rp40 juta perorang. Itu termasuk tunjangan komunikasi, perumahan dan transportasi, kata Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD KBB Ronny Rudyana, Kamis (26/9/2019).

Dia mengemukakan, besaran gaji legislator tersebut sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2017 tentang Hak Keuangan dan Administrasi Pimpinan dan Anggota DPRD. 

Besaran gaji dewan, ujar dia, juga telah disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah. Sehingga besaran gaji tidak bisa disebut besar atau kecil, karena setiap daerah pasti memiliki kebijakan masing-masing dan besaran berbeda. 

AYO BACA : Belum Dilantik, 50 Anggota DPRD KBB Menginap di Hotel Bintang Lima

Disinggung perbedaan gaji ketua dan wakil ketua dewan dengan anggota, Ronny tidak menyebutkan secara rinci. Yang pasti dari gaji sekitar Rp40 juta itu yang paling besar didapatkan anggota dewan dari tunjangan perumahaan.

Tunjangan perumahan untuk ketua DPRD Rp18 juta sedangkan untuk wakil ada yang Rp16 juta dan ada juga yang mendapat Rp15 juta, ujar Ronny. 

Anggota DPRD KBB Nur Djualeha mengatakan, gaji Rp40 juta perbulan dianggap sudah cukup untuk bekerja memperhatikan rakyat. Soal besar dan kecil semua tergantung bagaimana setiap anggota DPRD memanfaatkan gaji tersebut. 

Besar kecil itu relatif, karena yang penting adalah bekerja memperjuangkan rakyat. Mau berapapun besarnya gaji, jika tidak bisa me-manage ya pasti tetap akan merasa kurang, kata politisi PKS ini.

AYO BACA : Wartawan Ditolak Masuk Ruang Pelantikan DPRD Bandung Barat

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers