web analytics
  

'Icip-icip' Resep Kopi dari Berbagai Belahan Dunia

Senin, 23 September 2019 11:42 WIB
Gaya Hidup - Kuliner, 'Icip-icip' Resep Kopi dari Berbagai Belahan Dunia, kopi, manfaat kopi, manfaat meminum kopi, cara meminum kopi, cita rasa kopi

Ilustrasi (pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Bagi sebagian orang, meminum kopi adalah aktivitas yang wajib untuk dilakukan setiap hari. Jangan salah, ternyata peringatan hari kopi internasional juga diperingati.

Hari yang jatuh pada tanggal 29 September ini mengingatkan para pecinta kopi untuk mengetahui lebih lanjut jenis-jenis kopi yang ada di dunia. Jenis-jenis kopi ini ternyata cukup mudah untuk dibuat di rumah.

Lalu, apa saja jenis-jenis kopi yang ada di dunia? Dilansir di laman Reviewed, Senin (23/9), berikut beberapa menu kopi yang juga dibuat secara sederhana di rumah.

Kopi Turki

Bagi Anda yang merupakan penikmat kopi sejati, yang gelap dan pekat, Anda boleh mencoba kopi jenis dari Turki. Kopi Turki dibuat menggunakan kopi Arabika yang ditumbuk halus dan sedikit kapulaga. Pencampuran itu yang kemudian memberikan rasa menyegarkan yang khas. Biasanya, kopi Turki memiliki rasa yang kuat karena hitam dan pekat. Cara menyajikannya sendiri disajikan dengan gula.

Kopi Vietnam

Vietnam adalah pengekspor kopi terbesar kedua di dunia. Jenis robusta merupakan varietas kopi yang terkadang dianggap lebih rendah dari arabika.

Untuk membuat secangkir kopi es Vietnam di rumah, anda membutuhkan perangkat penyaringan yang mungil, murah, dan mudah dibawa. Akan tetapi,jika Anda ragu-ragu untuk menambahkan satu lagi alat pembuat kopi lagi ke ruang kabinet, Anda bisa menggunakan dripper yang bisa dituang, untuk mencoba membuat es kopi Vietnam yang kental dan lezat.

Kopi cortado

AYO BACA : Ibu Beri Kopi kepada Bayi Karena Tak Ada Uang, Ini Kata Menkes

Kopi cortado, atau kopi yang berarti ‘potong’ dan ‘encer’ dalam bahasa Spanyol, biasanya menghiasi menu minuman kedai kopi. Cara membuatnya adalah dengan mengencerkan espresso dengan kopi susu dalam jumlah yang sama, atau dikukus.

Minuman kopi petite sendiri biasanya memiliki rasa yang sangat kuat. Akan tetapi busa susu bisa mengimbangi kepahitan shot dari espresso untuk memberikan rasa yang halus ketika dirasakan di mulut.

Kopi einspanner dari Wina

Orang-orang Wina terkenal akan kecintaan mereka terhadap kehidupan dan komitmen untuk relaksasi. Karena itu, kota ini bangga dengan budaya rumah kopi yang kaya.

Salah satu minuman khas mereka, einspänner, berarti "kereta kuda tunggal”. Kopi ini biasanya terdiri dari dua shot espresso panas di bagian bawah dan krim kocok di atasnya.

Tujuan dari penambahan krim kocok pada awalnya adalah untuk mempertahankan panas agar minuman tidak menjadi terlalu dingin ketika para kusir menunggu pelanggan.

Es Teh dan Kopi

Bagi Anda yang menyukai perpaduan teh dan kopi, jangan berkecil hati. Di pusat internasional yang ramai yaitu Hong Kong, budaya kerja menjadi prioritas.

Minuman itu diberi nama "Yuanyang” yang berarti bebek Mandarin yang selalu berenang bersama berpasangan. Cara membuatnya adalah dengan tujuh bagian teh susu gaya Hong Kong dan tiga bagian diseduh kopi hitam.

AYO BACA : Bayi yang Minum Kopi Dapat Bantuan Susu Formula, Dinkes Dikritik

Campuran Kopi dengan Kayu Manis

Sebuah kafe tradisional di Meksiko, Café de olla minuman tradisional Meksiko, yang telah populer selama beberapa generasi, menyerukan dua bahan utama untuk meracik sebuah minuman kopi.

Adalah batang kayu manis dan gula merah tebu. Kedua bahan itu kemudian direbus dengan kopi panas dan air. Mirip dengan persiapan kopi Turki, Anda bisa membuat café de olla di panci atau panci kecil di atas kompor.

Mazagran, atau es limun kopi

Minuman ini mungkin terdengar sedikit aneh pada awalnya. Akan tetapi minuman ini sebenarnya enak, terutama pada hari di musim panas.

Penambahan jus lemon tidak mengalahkan rasa kopi manis keseluruhan, dan membantu orang tetap terjaga. Berasal dari Aljazair, minuman kopi ini segera menemukan basis penggemar di Portugal dan penduduk setempat yang inovatif mulai bereksperimen dengan menambahkan rum dan mint untuk mengintensifkan rasa.

Affogato

Affogato memiliki arti "tenggelam" dalam bahasa Italia. Minuman ini terdiri atas satu sendok es krim vanilla yang disiram dalam espresso panas. Pilihan lain adalah minuman ini bisa dicampur dengan segelas rum.

Tujuan utama minuman ini dibuat adalah dengan minuman ini Anda dapat memberi energi pada hari Anda dengan espresso dan suguhan dingin yang nikmat. Disarankan pula untuk menambahkan cokelat hitam serut atau hiasi dengan hazelnut.

Kaffeost

Kaffeost, memiliki arti yaitu "keju kopi" dari bahasa Swedia. Sebenarnya tidak ada yang spesial dan istimewa dari keju yang ditambahkan ke dalam kopi. Akan tetapi, keajaiban terjadi ketika kubus kaffeost dimasukkan ke dalam kopi Anda.

Keju yang dikeringkan itu akan bertindak sebagai spons. Dia akan  menyerap kepahitan dan keasaman kopi dan segera mengubahnya menjadi hidangan penutup lembut mirip tiramisu.

AYO BACA : Ini Jumlah Ideal Minum Kopi dalam Sehari

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Rizma Riyandi

artikel terkait

dewanpers