web analytics
  

Revisi UU Demi Memperkuat KPK

Selasa, 17 September 2019 22:59 WIB Dadi Haryadi
Bandung Raya - Bandung, Revisi UU Demi Memperkuat KPK, Revisi UU KPK, Dukung Revisi UU KPK,

Aksi unjuk rasa mendukung Revisi UU KPK, di depan Gedung Sate, Selasa (17/9/2019). (istimewa)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM--Ratusan massa yang tergabung dalan Pemuda Mandiri Peduli Rakyat Indonesia (PMPRI) menggelar unjukrasa mendukung revisi UU KPK, di depan Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (17/9/2019). Dalam unjukrasa itu, massa menyambut baik pengesahan UU KPK oleh DPR RI.

"Ini bukan untuk melemahkan KPK. Tapi agar KPK bekerja lebih baik, lebih profesional," teriak salah seorang orator unjukrasa.

AYO BACA : Butir-butir Penting Perubahan UU KPK

Para pengunjukrasa juga mengeluarkan 4 poin pernyataan sikap, salah satu di antaranya mendesak DPR segeta mensahkan revisi UU KPK, serta meminta kepada semua instasi atau pembaga negara untuk bekerja sesuai dengan landasan UU dan bukan atas dasar kepentingan kelompok maupun golongan.

"Revisi UU KPK perlu segera disahkan guna mengatur hal yang perlu diatur dalam UU yang tujuan dari revisi itu, adalah untuk memperkuat keberadaan KPK," ujar koordinator aksi Andri Beurik.

AYO BACA : Masih Ada MK, PBNU Ajak Akhiri Pro-Kontra UU KPK

Ia menambahkan, dengan adanya revisi UU KPK, dapat meningkatkan kinerja. Keberadaan dewan pengawas KPK, merupakan hal yang penting sebagai bagian dalam penguatan KPK.

"Kedepan, kedudukan KPK perlu ditempatkan sebagai bagian dari cabang kekuasaan eksekutif. Namun sebagai lembaga penegakan hukum, KPK tetap tidak dapat diintervensi oleh kekuatan dan kepentingan kelompok manapun,"ucapnya.

Selain itu juga, karena kedudukan KPK dinilai layak ditempatkan sebagai cabang eksekutif, maka pegawai KPK sudah pantasnya menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

AYO BACA : Tak Ada Bakal Calon Rektor Unpad yang Kontra RUU KPK

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers